13 Ide Peluang Usaha di Desa dari Modal Kecil Sampai Besar

peluang usaha di desa

Kamu tinggal di desa dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memulai usaha. Dengan memulai usaha, kamu tidak hanya bisa mendapatkan pendapatan tambahan. Kamu bisa membuka lapangan pekerjaan bagi warga desa sekitar!

Nah, kalau kamu penasaran peluang usaha di desa apa yang cocok dilakukan, berikut ini adalah daftar beberapa inspirasinya. Yuk, cek satu per satu!

Rekomendasi Peluang Usaha di Desa

1. Jual Makanan untuk Sarapan

Hobi memasak? Kamu bisa jadikan hobimu itu sebagai sumber cuan dengan menjual makanan untuk sarapan. Sebagai contoh, kamu bisa buat nasi kuning, nasi uduk, nasi pecel, dan lain sebagainya. 

Kamu juga bisa sediakan berbagai macam masakan rumahan untuk dijajakan. Akan lebih baik juga kalau kamu siap menerima pesanan makanan, misalnya seperti membuat nasi kotak atau pesanan untuk selamatan. Dengan demikian, hobimu bisa tersalurkan dan bisa menjadi sumber pendapatan tambahan.

2. Booth Minuman

Ide usaha booth minuman juga cocok kamu jalankan di kawasan desa. Usaha ini bisa kamu jalankan langsung dari rumah sehingga kamu tidak perlu sewa tempat lagi. Alhasil, modal yang dibutuhkan untuk usaha pun bisa lebih murah.

Jenis minuman seperti apa yang cocok dijalankan? Ada banyak macamnya. Salah satu contohnya adalah booth minuman jus, cappuccino cincau, jeruk peras, atau booth minuman milkshake (dengan bubuk yang dijual sachetan). 

3. Jual Gorengan

Selain menjual makanan untuk sarapan, kamu bisa tambahkan gorengan sebagai salah satu produk yang kamu jual. Baik di kawasan pedesaan maupun perkotaan, gorengan termasuk salah satu jajanan yang laris diserbu warga. Biasanya, gorengan akan laku pada pagi hari atau sore hari. 

Untuk memulai usaha jual gorengan, kamu tidak perlu membutuhkan modal yang besar, kok. Terlepas dari biaya sewa lokasi berjualan, modal 5 juta saja sudah cukup untuk berbisnis gorengan di desa. Bagaimana, tertarik?

4. Bisnis Warkop

Usaha ini juga tidak membutuhkan modal awal yang besar.  Hanya saja, kamu tidak bisa hanya mengandalkan jualan kopi saja untuk mendapatkan pendapatan yang besar. Peluang usaha di desa ini bisa kamu kombinasikan dengan bisnis gorengan yang sudah disebutkan di atas.

Selain gorengan, kamu juga bisa kembangkan bisnis warkopmu dengan menjual jenis makanan lain. Misalnya saja, mie instan, roti, bubur kacang ijo, atau bubur ayam.

5. PPOB

Nah, peluang usaha di desa selanjutnya adalah usaha PPOB. Jenis bisnis yang satu ini cukup menjanjikan karena usaha loket pembayaran online termasuk jenis usaha yang jarang dijumpai di desa.

Apakah membuka usaha ini butuh modal yang besar? Kebanyakan usaha PPOB membutuhkan modal antara 5-10 juta. Modal yang dibutuhkan memang lumayan, namun bisnis ini bisa dibilang tahan lama. Pasalnya, membayar tagihan bulanan seperti listrik, air, maupun BPJS Kesehatan merupakan hal yang wajib, bukan?

6. Jual Bibit Tanaman

Buat kamu yang hobi berkebun, menjual bibit tanaman bisa kamu jadikan sebagai salah satu peluang usaha di desa. Untuk jenis usaha yang satu ini, modal yang kamu butuhkan tidak terlalu besar. Hanya saja, kamu butuh keuletan dalam merawat bibit serta memasarkannya.

peluang-usaha-di-desa

Untuk memasarkan bibit tanaman yang kamu rawat, kamu bisa memasarkannya melalui marketplace maupun media sosial selain tentunya menjual secara offline

Read More: 8 Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta

7. Bisnis Isi Ulang Air Minum

Potensi cuan bisnis isi ulang air minum di desa tergolong cukup lumayan mengingat pelaku bisnis ini cukup jarang dijumpai. Bisnis yang satu ini bisa menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan terlebih jika penduduk di kawasan desamu sudah mulai beralih dari menggunakan air sumur ke air PAM untuk minum.

Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini biasanya sekitar 20-30 jutaan. Cukup besar, memang. Akan tetapi, modal ini bisa saja lebih sedikit jika kamu bisa menggandeng mitra supplier yang mematok harga lebih murah.

8. Ternak Ayam

Ternak Ayam - peluang usaha di desa

Berbicara peluang usaha di desa tentunya tidak akan terlepas dari usaha agrikultur dan peternakan. Selain menjual bibit tanaman, kamu juga dapat membuka usaha ternak ayam untuk menambah pundi-pundi pemasukan.

Bisnis ternak ayam merupakan bisnis yang terbilang cukup menjanjikan. Hanya saja, modal awal yang kamu perlukan mungkin cukup besar. Sebab, selain membeli indukan, kamu perlu menyiapkan kandang yang aman dan sehat, mempersiapkan pakan yang bergizi, serta menjaga ternak dari penyakit. 

Meski modal awal yang kamu perlukan besar, keuntungan yang bisa kamu peroleh juga besar, lho. Bagaimana, tertarik mencoba?

9. Bisnis Toko Kelontong

Jika ragam peluang usaha di desa yang sudah disebutkan kurang klop di hati, bagaimana dengan membuka toko kelontong? 

Jenis usaha yang satu ini tergolong masih banyak pelakunya di desa. Jika kamu tertarik, sediakan pilihan barang yang lengkap. Lalu, supaya target pasarmu membeli di tokomu, tawarkan harga yang kompetitif.

Menariknya, kamu juga bisa menjadikan toko kelontongmu sebagai toko yang ‘serba ada’. Misalnya, kamu bisa tambahkan layanan PPOB di toko kelontong yang kamu jalankan. Jadi peluang bisnis tambahan, bukan?

10. Ternak Kambing/Sapi

Punya modal yang cukup banyak dan tertarik untuk membuat peternakan kambing/sapi? Bisnis yang satu ini sangat menjanjikan untuk dicoba, lho, terutama ketika mendekati hari raya Iduladha. Selain pada momen itu, kamu juga bisa menjual daging, susu, maupun produk olahannya. 

11. Usaha budidaya ikan

Selain ternak kambing atau sapi, kamu juga bisa dapatkan cuan berlimpah dengan ternak atau budidaya ikan. Jenis ikan yang dimaksud bermacam-macam, bisa ikan untuk konsumsi maupun ikan hias.

Jika kamu memilih usaha ikan konsumsi, keuntungan yang bisa kamu dapatkan memang lebih kecil. Akan tetapi, pendapatan yang kamu terima bisa banyak karena frekuensi penjualan yang lebih sering jika dibandingkan dengan ikan hias.

Di sisi lain, penjualan ikan hias mungkin tidak sebanyak penjualan ikan untuk kebutuhan konsumsi. Akan tetapi, ikan hias biasanya dipatok dengan harga tinggi sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar dalam sekali penjualan.

12. Bisnis Tanaman Hias

Salurkan hobi berkebunmu dan dapatkan penghasilan tambahan dengan bisnis tanaman hias! Sebagaimana diketahui, beberapa tahun belakangan banyak orang tertarik merawat tanaman hias. 

Beberapa contohnya adalah monstera, philodendron, dan alocasia. Ada juga ragam bunga anggrek. Jika kamu menemukan tanaman hias dengan tampilan yang unik, kamu bisa berpeluang mendapatkan jutaan rupiah, lho!

peluang-usaha-di-desa

Kamu tidak harus menjual tanaman hias yang disebutkan saja, kok. Opsi lain tanaman hias yang bisa kamu jual adalah tanaman hias untuk kebutuhan taman. 

Harganya memang tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan tanaman ‘hits’ yang disebutkan. Tetapi, karena digunakan untuk taman, maka pembeli bisa melakukan transaksi sekali banyak. Ini sama-sama berpotensi mendatangkan keuntungan berlimpah buat kamu!

13. Agen LPG

Rekomendasi peluang usaha di desa terakhir adalah menjadi agen LPG. Bisnis yang satu ini memang tergolong bisnis yang butuh modal besar. Akan tetapi, mengingat barang ini banyak dicari, maka bisnis yang kamu jalankan ini juga bisa bertahan lama. 

Untuk menambah penghasilan, kamu juga bisa menyediakan produk/layanan lain di lokasi agen LPG-mu. Misalnya seperti air mineral gelas (dalam kotak), isi ulang air, isi pulsa, bahkan hingga toko kelontong.

Itulah 13 peluang usaha di desa yang bisa kamu coba. Dari pilihan peluang usaha di atas, adakah peluang usaha yang bikin kamu tertarik untuk memulainya?

Pilih DOKU agar Bisnis Lebih Sukses

Selain berbagai hal di atas, jangan lupa untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan usaha atau bisnis milikmu. Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!