7 Rekomendasi Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Salah satu cara terbaik yang bisa kamu coba untuk mendapat pemasukan tambahan alias passive income adalah membuka bisnis. Tidak harus besar, kamu tetap bisa menjalankan usaha dan mendapat untung cukup dengan menjalankan bisnis kecil skala rumahan. Pastinya, sebelum itu, kamu harus menguatkan niat dan tekad untuk menjalankan bisnis tersebut, sehingga tidak berhenti di tengah jalan nantinya. 

Jangan beranggapan bahwa bisnis rumahan itu tidak bisa dapat untung besar. Coba kamu perhatikan contoh sederhananya, yaitu pemilik brand terkemuka Sambal Bu Rudy, Lanny Wijaya yang sukses memasarkan produk sambal buatannya ke seluruh Indonesia, bahkan telah mencapai tingkat internasional. Saat ini, bisnis yang bermula dari usaha kecil tersebut sudah bisa mencapai omzet hingga Rp2 miliar per bulan. 

Read More: 7 Ide Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Beserta Analisisnya

Pilihan Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Melalui Sambal Bu Rudy, kamu jadi tahu kalau ada banyak sekali peluang untuk bisa mendapatkan keuntungan melalui bisnis rumahan. Kamu hanya perlu cermat dalam melihat potensi dan peluangnya. Siapa sangka, Lanny yang awalnya hanya membuat sambal untuk sang suami, kini telah membuatnya untuk semua orang. 

Nah, jika kamu ingin mencoba mendapat pemasukan tambahan dengan memulai bisnis kecil di rumah, mulailah dari sekarang. Kamu bisa memilih salah satu dari beberapa rekomendasi usaha rumahan yang menjanjikan untuk dilakukan berikut ini: 

 1. Jual beli pakaian atau barang bekas

Menjual barang bekas, termasuk pakaian branded atau biasa disebut thrift shop dapat menjadi pertimbangan bisnis kecil skala rumahan yang bisa kamu pertimbangkan. Bisnis satu ini juga bisa disebut sebagai ide usaha tanpa modal. Sebab, kamu tidak harus membeli barang seperti penjual pada umumnya. Justru, kamu menawarkan kembali barang milikmu yang sudah tidak lagi terpakai, tetapi masih layak untuk dijual.

Namun, supaya bisa mendapatkan pembeli untuk barang bekas bisa dibilang tidak segampang saat kamu menjual produk baru. Oleh sebab itu, kamu harus pintar mempromosikan bisnis ini sehingga pelanggan tertarik untuk membelinya. Ada beberapa cara yang dapat kamu coba lakukan, yaitu:

  • Pilih niche toko. Contohnya, kamu membuka toko barang bekas khusus pakaian bekas, barang antik, buku bekas, kaset jadul, atau lainnya. 
  • Pilih kata kunci yang tepat untuk membantu menaikkan branding bisnis. Misalnya, kamu menggunakan nama Kids Preloved untuk memudahkan calon pelanggan yang mencari barang bekas untuk anak menemukan tokomu. 
  • Buat strategi yang pas sehingga bisnismu bisa bertahan lebih lama. Contohnya dengan membeli barang bekas dari toko lain, lalu menjualnya lagi. 
  • Jangan lupa, promosikan bisnismu. Gunakan media digital untuk memudahkan kamu memasarkan bisnis ke semua calon pelanggan. Buat kalimat iklan dan gambar yang menarik untuk menarik minat pelanggan. 

2. Bisnis katering

Jika kamu suka memasak dan tertarik untuk membuka bisnis di bidang kuliner, coba pertimbangkan untuk membuka usaha katering. Peluang dari bisnis skala rumahan ini bisa dibilang sangat menjanjikan. Sebab, seiring dengan pergeseran zaman, banyak orang kini menjadi lebih sibuk dengan semua tenggat pekerjaan maupun bentuk kegiatan lainnya, sehingga tidak lagi punya waktu ekstra untuk memasak. 

Sering kali, bisnis katering dimanfaatkan oleh pekerja kantor atau mahasiswa. Jika bisnismu sudah semakin populer, bukan tidak mungkin pesanan yang datang juga meluas, misalnya untuk syukuran, pesta pernikahan, atau keperluan lainnya. Namun, kamu juga harus memahami bahwa membangun brand katering tidak menjadi hal yang mudah.

Terutama dengan banyaknya bisnis serupa yang telah lebih dulu ada. Namun, jangan cemas, kamu bisa membuat bisnis katering milikmu populer melalui online. Manfaatkan sosial media untuk mendapatkan target pasar yang sesuai sehingga promosi yang kamu lakukan menjadi lebih efektif dan tepat sasaran. 

3. Kue basah/kue kering

Masih seputar kuliner, masih ada lagi usaha rumahan yang menjanjikan dan menarik untuk kamu coba, yaitu menjual kue basah atau kue kering. Meski banyak orang menganggap bisnis kue kering atau basah adalah bisnis musiman, nyatanya tidak demikian. Sebab, kamu bisa menjual kue basah sebagai menu sarapan bersama dengan kue kering. 

Namun, perlu kamu perhatikan bahwa kue basah adalah bentuk makanan yang lebih cepat basi. Jadi, sebagai langkah awal bisnis, kamu sebaiknya tidak membuat satu jenis kue terlalu banyak. Selain itu, perhatikan pula ukuran kue tersebut. Lebih baik membuat kue basah berukuran kecil dengan harga murah daripada ukuran yang besar. 

4. Minuman dan makanan ringan

Usaha rumahan yang menjanjikan berikutnya adalah camilan dan minuman. Sepertinya, dua jenis usaha ini memang akan sulit untuk dipisahkan, bukan? Sama halnya dengan makanan, setiap orang juga membutuhkan minum, dan membuka bisnis minuman ringan bisa menjadi opsi terbaik untuk kamu yang tinggal di area kampus atau kantor.

Beberapa jenis minuman yang kini sedang populer yaitu kopi, jus aneka buah, minuman teh dengan boba dan kombinasi rasa lainnya, atau campuran buah-buahan segar. Agar bisa mendapat keuntungan yang lebih besar, pertimbangkan untuk menjual beberapa jenis makanan ringan. Misalnya risol, keripik, sosis telur, atau camilan yang sejenis. 

5. Reseller

Bisnis online sedang sangat populer beberapa waktu terakhir. Pastinya, kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjadi reseller. Seperti namanya, reseller adalah bentuk bisnis yang menjual kembali suatu produk yang sebelumnya sudah kamu beli dari supplier dengan harga yang sudah kamu tentukan. 

Meski begitu, ada banyak hal yang perlu menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk menjadi reseller, di antaranya: 

  • Tentukan jenis produk yang hendak kamu jual. Alhasil, kamu dapat menentukan target pasar dan bisa segera mendapat pelanggan. 
  • Pilih supplier tepercaya. Sebab, aspek ini akan menjadi penentu kelangsungan bisnis yang kamu jalankan. 
  • Survei harga. Kamu pasti tahu bahwa ada banyak sekali pihak yang menjadi reseller untuk suatu produk yang sama denganmu. Jadi, tidak ada salahnya untuk survei harga pasar lebih dulu sebelum menentukan harga jual. 

Hal lain yang tidak boleh kamu lupa adalah menyiapkan modal. Bergantung pada jenis produk yang hendak kamu jual lagi, modal yang perlu kamu siapkan juga bervariasi. Misalnya, produk makanan tentu memiliki harga jual kembali yang lebih rendah daripada menjadi reseller barang elektronik. 

6. Toko sembako

Di mana pun kamu berada, toko sembako selalu menjadi ide usaha rumahan yang menjanjikan. Bisa dikatakan, target pasar bisnis satu ini juga sangat luas. Toko sembako sendiri bisa dalam bentuk ecer atau grosir. Barang yang dijual juga berfokus pada keperluan pangan harian. 

Misalnya telur, beras, minyak, gula, dan lainnya. Supaya bisnis sembako baru milikmu bisa bersaing dengan pemilik bisnis serupa, kamu bisa memberikan layanan pesan antar dan pembelian secara daring. Dengan begitu, pelanggan tidak harus keluar rumah untuk mendapatkan berbagai barang keperluan. 

7. Admin sosial media

Terakhir, kamu bisa mencoba peruntungan di bidang digital yang sedang banyak sekali dicari, yaitu menjadi admin sosial media. Tugas yang harus kamu kerjakan untuk posisi ini adalah membuat rencana sekaligus mengunggah konten ke semua platform media sosial milik klien. Mulai dari Instagram, Twitter, Facebook, sampai TikTok. 

Akan tetapi, jangan lupa untuk mempelajari ciri khas user dari semua media sosial. Misalnya, user TikTok didominasi oleh remaja yang usianya berkisar antara 18-24 tahun. Sementara itu, Twitter memiliki rentang usia pengguna yang lebih luas lagi, bahkan hingga profesional berusia 40 tahun. 

Jangan lupa, pastikan kamu sudah memahami teknik sukses bermain media sosial untuk bisnis pemasaran. Tujuannya tentu saja supaya semua konten yang kamu buat dapat memberikan hasil positif dalam meningkatkan kesadaran pelanggan dan menaikkan angka konversi.

Pilih DOKU Agar Bisnis Lebih Sukses

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!