Menguasai 7P Dalam Pemasaran: Kunci Sukses Bisnis

Ingin bisnismu berkembang dengan lebih baik lagi? Terapkan konsep 7P dalam pemasaran. Dapatkan informasi lengkapnya beserta contoh penerapan di sini!

Kamu bisa memanfaatkan cukup banyak strategi untuk mencapai target penjualan. Salah satunya adalah konsep 7P dalam pemasaran yang juga dikenal sebagai marketing mix

Melalui strategi ini, kamu perlu memperhatikan beberapa unsur agar target penjualan dan profit yang diinginkan bisa tercapai secara maksimal. Pahami unsur-unsur dalam konsep marketing mix dan contoh penerapannya di sini.

Read More: Guerilla Marketing: Cara Pikat Konsumen dengan Iklan Out of The Box

Konsep 7P dalam Pemasaran

Konsistensi adalah kunci utama jika kamu ingin sukses menerapkan marketing mix dalam bisnis. 

Konsep ini awalnya hanya memiliki 4 unsur saja. Namun, seiring dengan perkembangan, maka kini sudah bertambah menjadi 7 unsur. Apa saja unsur tersebut?

1. Product

P yang pertama mewakili produk, yakni item atau layanan yang secara khusus dirilis untuk memenuhi kebutuhan, kepuasan, dan keinginan pelanggan. 

Sebagai pemilik perusahaan, kamu perlu mengidentifikasi perbedaan produk sendiri dengan kompetitor.

Selain itu, perusahaan juga perlu memutuskan apakah produk tersebut layak dan bisa bersaing di pasaran bersama produk kompetitor. 

Unsur pertama dari konsep 7P dalam pemasaran ini perlu proses yang lumayan lama sebelum akhirnya produk final dibuat dan siap dipasarkan. Trial and error sudah pasti menjadi bagian dalam proses pembuatan produk ini..

2. Price

Harga produk merupakan estimasi atau wujud dari berapa banyak pelanggan bersedia membayar untuk mendapatkan produk. Inilah yang membuat perusahaan tidak bisa asal menentukan harga. 

Ada banyak pertimbangan dalam menentukan harga mulai dari biaya produksi, pemasaran, hingga distribusi. Semua dihitung kemudian ditambah dengan estimasi keuntungan yang diinginkan. 

Selain itu, unsur price ini juga termasuk konsep a good value of money. Artinya apa? 

Harga yang kamu tentukan harus sesuai dengan produk yang ditawarkan. Jadi, pelanggan yang mengeluarkan uang tidak akan merasa rugi karena mendapatkan produk yang sepadan. 

3. Promotion

Kegiatan promosi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam marketing mix. Ada beberapa kegiatan penting di dalamnya seperti:

  • Iklan;
  • Promosi penjualan;
  • Relasi publik; dan
  • Personal selling

Perusahaan bisa menggunakan strategi promosi mana pun sesuai dengan kebutuhan serta tujuan awal.

Selain itu, kamu juga bisa menentukan media terbaik untuk berkomunikasi dengan pelanggan melalui unsur P yang satu ini. Frekuensi komunikasi antara perusahaan dan pelanggan jadi hal yang tidak kalah penting, lho

4. Place

Penempatan produk menjadi hal penting dalam pemasaran. Kamu perlu memahami lokasi distribusi agar produk lebih mudah dijangkau oleh target pasar.

Ketika ingin menentukan lokasi atau area distribusi ini, kamu perlu mempertimbangkan jenis produk yang dijual. 

Apakah produk kamu masuk kategori barang konsumsi sehari-hari atau justru produk berkelas dengan segmentasi pasar tertentu?

Untuk produk kategori kebutuhan harian, sebaiknya area distribusi lebih luas dan tersedia di banyak toko. Sementara itu, produk premium biasanya jangkauannya lebih terbatas karena jumlah toko atau tempat untuk menjual lebih sedikit.

Di era digital seperti sekarang, perusahaan juga perlu memutuskan apakah produk dijual secara online, offline, atau justru keduanya. 

Ketika memutuskan berjualan online pun nantinya, kamu perlu mempertimbangkan untuk membuat situs toko sendiri, lewat media sosial atau join dengan platform marketplace.

5. People

Jika keempat P sebelumnya merupakan unsur utama dalam marketing mix, mulai dari sini adalah tambahannya. P yang selanjutnya adalah people yang mewakili SDM dalam perusahaan, mulai dari garda terdepan, yakni resepsionis hingga direktur. 

Orang-orang ini menjadi nilai dan citra perusahaan. Mereka memiliki tujuan untuk membuat pelanggan lebih nyaman dan terus loyal terhadap brand.

Kamu harus mampu memilih SDM yang tepat untuk setiap posisi agar kinerjanya maksimal. 

6. Process

Unsur ini mewakili segala metode atau alur pelayanan yang disediakan untuk klien maupun pelanggan. Selain itu, dalam prosesnya unsur ini juga diikuti monitoring kinerja layanan untuk kepuasan pelanggan. 

Khusus untuk pelanggan, unsur ini termasuk ke dalam layanan di setiap proses transaksi pelanggan ketika mendapatkan produk. 

Sangat penting bagi perusahaan untuk mendapatkan feedback berupa kepuasan pelanggan untuk setiap tahapan proses transaksi hingga produk ada di tangan pelanggan. 

Kamu bisa melakukan evaluasi untuk tiap tahapan proses agar brand awareness makin meningkat. Salah satunya melalui survei pelanggan untuk mendapatkan jawaban akurat. 

Pemantauan di media sosial juga menjadi langkah yang baik untuk evaluasi ataupun penyelesaian masalah. 

7. Physical Evidence

Unsur P yang terakhir mewakili bukti fisik perusahaan. Dalam hal ini physical evidence berkaitan dengan area di mana perwakilan perusahaan dan pelanggan berinteraksi secara nyata. 

Apa saja contohnya? 

Pertama bisa dengan contoh kantor yang bisa menjadi tujuan pelanggan untuk berinteraksi seperti mengajukan komplain atau justru melihat proses pembuatan produk. 

Kedua, contohnya berupa brosur yang bisa menjadi jembatan bagi pelanggan untuk mengetahui layanan atau produk perusahaan. 

Bagaimana dengan kondisi yang ada di era digital seperti sekarang? Banyak perusahaan yang memberikan material dalam bentuk PDF atau soft file

Ini juga termasuk dalam kategori physical evidence karena memiliki bentuk yang bisa dimanfaatkan pelanggan untuk mengakses layanan atau produk yang ditawarkan perusahaan. 

Contoh Penerapan

Untuk mempermudah kamu dalam memahami konsep 7P dalam perusahaan dan menerapkannya, maka contoh penerapan sangat penting. Kita bisa ambil contoh brand Sari Roti. 

  • Unsur P pertama mereka adalah varian produk Sari Roti yang beragam mulai dari roti tawar, roti sobek, hingga sandwich. 
  • P kedua berupa harga terwakilkan dengan variasi harga untuk mencapai target pelanggan secara tepat. 

Brand Sari Roti menawarkan harga produk sesuai dengan kualitas. Misalkan, produksi roti tawar biasa memiliki harga lebih terjangkau dibandingkan variasi roti tawar milky soft yang mengandung bahan tambahan berupa susu. 

Tentunya ini mewakili konsep a good value of money. 

  • Unsur promosi bisa dilihat dari iklan mereka di media cetak ataupun sosial. 

Contoh terbaru, saat ini Sari Roti secara rutin memberikan diskon 30% untuk pembelian di akhir pekan dan free ongkos kirim dengan minimal pembelian Rp35.000.

  • Place atau tempat distribusi produk Sari Roti sangat beragam. Kamu bisa menemukan produk ini di minimarket hingga supermarket. 

Selain itu ada juga mitra Sari Roti yang melakukan direct selling dengan kendaraan roda dua untuk menjangkau pelanggan lebih mudah. Penjualan offline dan online berjalan selaras. 

  • Unsur people dari Sari Roti yang paling mencolok adalah mitra yang berjualan keliling karena jangkauannya lebih luas. Pembeli juga lebih mudah mendapatkan roti favoritnya. 
  • Proses pembuatan produk hingga produk sampai di tangan pelanggan dilakukan sesuai dengan SOP perusahaan. Ini membuat pelaksanaan produksi berjalan dengan baik dan target penjualan bisa tercapai. 
  • Unsur terakhir yakni physical evidence bisa dibuktikan dengan adanya kantor utama Sari Roti dan pabriknya. 

Kemudian ada juga channel media sosial yang menjadi sarana untuk berinteraksi dengan pelanggan sehingga bisa digunakan untuk komunikasi. 

Perusahaan bisa memilih untuk menggunakan konsep 4P maupun 7P dalam pemasaran. Sesuaikan saja dengan produk atau layanan yang dimiliki. Ini karena tidak semua marketing fokus pada produk.

Raih Lebih Banyak Pelanggan Bersama DOKU

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini. Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!