Apa Itu Bisnis Afiliasi? Berikut Cara Kerja Beserta Keuntungannya

apa itu bisnis afiliasi

Tertarik untuk mengembangkan bisnis online? Coba cari tahu apa itu bisnis afiliasi, cara minim risiko untuk mengoptimalkan penjualan berbagai produkmu.

Bisnis online semakin diminati masyarakat karena kemudahan dan kepraktisannya. Apalagi sekarang banyak platform yang mengakomodir bisnis online

Meskipun kamu melakukan penjualan di berbagai platform, penjualan tetap harus dioptimalkan. Salah satu cara mengoptimalkan penjualan adalah melalui bisnis afiliasi. 

Bisnis afiliasi ini sudah cukup familiar di kalangan pebisnis online. Bisnis ini melibatkan pihak ketiga untuk menjalankan bisnis dan tidak memerlukan modal untuk berjualan.

Sebenarnya apa itu bisnis afiliasi? Bagaimana cara kerja, efektivitas, serta keuntungan strategi afiliasi? Yuk, simak penjelasannya.

Read More: Hindari Kegagalan Berbisnis Dengan Mempelajari Apa Itu Studi Kelayakan Bisnis

apa-itu-bisnis-afiliasi

Apa Itu Bisnis Afiliasi?

Mungkin masih banyak yang belum tahu apa itu bisnis afiliasi. Bisnis afiliasi adalah sistem atau program yang menjual produk dan layanan menggunakan internet sebagai media utama serta melibatkan pihak ketiga. 

Siapa saja dapat memanfaatkan sistem afiliasi dalam bisnis, baik untuk mengembangkan bisnis atau menjadi afiliator (affiliate marketer). Nah, jika ingin mengoptimalkan penjualan, kamu bisa membayar jasa affiliate marketer

Namun, para afiliator tersebut harus sudah berhasil melakukan penjualan produk atau jasa dari bisnismu baru bisa dibayar.

Cara Kerja Bisnis Afiliasi 

Salah satu cara mengoptimalkan penjualan bisnis adalah melalui sistem afiliasi. Calon affiliate marketer harus mendaftar ke organisasi web afiliasi atau perusahaan agar bisa menggunakan sistem.

Setelah mendaftar, mereka akan mendapatkan tautan (link) afiliasi. Nah, usaha online yang kamu miliki bisa menjadi bagian dari sistem afiliasi yang link-nya bisa dipromosikan. 

Tugas affiliate marketer melakukan promosi ke berbagai platform, baik di media sosial, website, blog, hingga forum online

Apabila ada pelanggan yang mengklik link tokomu dan melakukan pembelian, maka penjualan berhasil. Kamu harus memberi komisi kepada affiliate marketer.

Efektivitas Bisnis Afiliasi 

Dalam bisnis online, afiliasi menjadi salah satu cara meningkatkan penjualan. Melakukan pemasaran afiliasi juga sebagai langkah untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Agar bisnis afiliasi dapat berjalan efektif, maka ketiga pihak yang terlibat, yaitu pemilik bisnis online, afiliator (affiliate marketer), dan konsumen harus saling mendukung. 

1. Pemilik bisnis online

Pemilik bisnis online merupakan penyedia produk atau jasa yang akan dioptimalkan penjualannya. Oleh karena itu, pemilik bisnis online menyediakan berbagai tautan (link) barang atau jasa untuk para affiliate marketer pasarkan.

2. Affiliate marketer (pemasar)

Setelah mendaftar dan melakukan perjanjian afiliasi dengan perusahaan, para affiliate marketer akan mendapatkan ID dan kode unik yang berbeda. Kode unik ini sebagai penanda bahwa konsumen telah membeli produk dari pemasar bersangkutan.

3. Konsumen

Pada akhirnya promosi yang dilakukan oleh pemasar ditujukan kepada konsumen. Penjualan berhasil ketika konsumen mengeklik link dan melakukan pembelian lewat link afiliasi tersebut.  

Ketika konsumen melakukan transaksi, maka pemilik bisnis online dan juga para pemasar mendapatkan keuntungan.

Keuntungan Strategi Afiliasi

Setelah mengetahui apa itu bisnis afiliasi, yuk kita cari tahu apa saja keuntungan strategi afiliasi, baik bagi pemilik bisnis maupun affiliate marketer.

Keuntungan bagi pemilik bisnis 

Jika kamu memiliki bisnis online, tidak ada salahnya menggunakan strategi afiliasi. Strategi afiliasi ini memberikan banyak keuntungan.

1. Mudah diterapkan

Salah satu keuntungan bisnis afiliasi bagi pemilik bisnis online adalah mudah penerapannya. Kamu hanya perlu menunggu affiliate marketer membantu mencari pelanggan. 

Namun, mereka harus mendaftarkan diri sebagai affiliate marketer dan memiliki ID agar bisa memasarkan produk. 

2. Hemat biaya

Melakukan pemasaran produk dan jasa pasti membutuhkan biaya yang banyak. Kamu harus mencari content strategist untuk membantu mengiklankan serta memasarkan produkmu. 

Sebaliknya, adanya bisnis afiliasi ini membantu kamu untuk mengiklankan serta memasarkan produk atau jasa tanpa perlu membayar tim content strategist.  

Afiliator akan membuat konten promosi sampai produk berhasil terjual ke konsumen. Di sini kamu hanya perlu membayar komisi ke afiliator setelah produk terjual. Ini menjadi solusi menguntungkan untuk pelaku bisnis pemula.

3. Minim risiko

Menerapkan sistem afiliasi pada bisnis online cenderung minim risiko. Hal ini dikarenakan para affiliate marketer tidak perlu membayar untuk bergabung dengan program afiliasi. 

Di sistem ini kamu hanya perlu membayar komisi ketika affiliate marketer berhasil melakukan penjualan lewat link produk. Jadi, pemilik usaha online maupun afiliator sama-sama diuntungkan dengan sistem afiliasi tersebut.

4. Meningkatkan traffic

Melibatkan sistem afiliasi dalam penjualan sangat menguntungkan bagi pelaku bisnis online. Bagaimana tidak? Affiliate marketer membantu usaha online meningkatkan jumlah traffic

Para afiliator membagikan berbagai link produk ke berbagai platform, mulai dari media sosial, marketplace, website, hingga blog. 

Link yang dibagikan tersebut ternyata dapat menjangkau berbagai kelompok audiens dari berbagai wilayah. Apalagi semakin banyak calon pelanggan mengeklik link tersebut jumlah pengunjung website atau toko online juga akan mengalami peningkatan.

5. Meningkatkan brand awareness

Keuntungan lain dari bisnis afiliasi bagi pemilik bisnis adalah meningkatnya brand awareness. Tanpa kamu sadari pemasaran afiliasi dapat membantu bisnis online dalam menaikkan brand awareness

Cara ini cukup efektif karena para afiliator menyebarkan link yang berisi informasi seputar produk dan brand yang mengarahkan konsumen pada pembelian. Jadi, merek dan produk kamu akan lebih mudah dikenal oleh konsumen.

apa-itu-bisnis-afiliasi

Keuntungan bagi affiliate

Tidak hanya memberikan keuntungan bagi pelaku bisnis online, strategi afiliasi juga menawarkan berbagai keuntungan untuk para affiliate marketer. Yuk, cari tahu apa saja keuntungan yang dapat dinikmati?

1. Mendapatkan kesempatan berpenghasilan besar

Keuntungan pertama yang dapat dinikmati oleh affiliate marketer adalah mendapatkan kesempatan berpenghasilan besar. 

Semakin banyak tautan yang dibagikan oleh para afiliator, semakin besar kesempatan para konsumen untuk membeli produk atau jasa. Hal ini akan berimbas pada naiknya penghasilan.

2. Tidak membutuhkan pengalaman marketing

Menjadi seorang affiliate marketer tidak ribet. Siapa saja bisa menjadi seorang afiliator tanpa perlu mempunyai pengalaman marketing. Pada umumnya pemilik bisnis sudah menyediakan link tentang informasi produk dan layanan. 

Jadi, para afiliator bisa membagikan tautan produk ke berbagai media sosial yang dimiliki. Ketika calon konsumen tertarik, mereka akan mengeklik tautan dan membeli produk tersebut.

3. Risiko kecil

Bisnis afiliasi memberikan kemudahan untuk para afiliator untuk mendapatkan penghasilan. Apalagi untuk menjadi afiliator tidak membutuhkan kontrak sehingga minim risiko. 

Apabila link yang dibagikan tidak memberi hasil, para afiliator tinggal mengganti link affiliate

4. Bekerja dari mana saja

Salah satu keuntungan menjadi affiliate marketer adalah dapat bekerja dari mana saja. Cukup bermodalkan internet dan smartphone, para afiliator tetap bisa memantau pekerjaannya. 

5. Tidak perlu menyetok barang

Keuntungan lain yang dapat dinikmati affiliate marketer adalah tidak perlu menyetok barang. Mereka tidak perlu menyediakan tempat untuk menyimpan barang. Para afiliator juga tidak membutuhkan modal untuk membeli barang. 

Para afiliator hanya perlu aktif membagikan link-link produk dari toko online untuk menjangkau konsumen. 

Inilah penjelasan apa itu bisnis afiliasi, cara kerja, efektivitas, serta keuntungan strategi afiliasi. Berbisnis online sekarang jadi lebih praktis dan mudah, termasuk dalam sistem pembayaran. Untuk memudahkan para konsumen melakukan transaksi, toko online perlu menyediakan berbagai metode pembayaran. Yuk bermitra dengan DOKU, perusahaan teknologi pembayaran yang juga pionir payment gateway di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2007, DOKU sudah mengawal ratusan ribu transaksi sukses dari berbagai perusahaan besar hingga UMKM. Cukup sekali daftar, bisnis langsung terkoneksi ke beragam metode pembayaran. 

Terima pembayaran bisnis makin mudah dan pelanggan pun lebih nyaman bertransaksi. 

Pilih solusi pembayaran sesuai kebutuhan Anda, seperti:

  • Solusi Perusahaan: Apapun jenis bisnisnya, kelola pembayaran pelanggan jadi mudah pakai DOKU
  •  Solusi UMKM: Tidak Perlu Paham Teknis, Bisnis Bisa Go Digital

Pastikan untuk ubah setiap peluang menjadi uang! Gunakan DOKU sekarang!