Apa Itu Brand Identity? Ini Lho Definisi dan Cara Membangunnya

Apa itu brand identity? Sederhananya, brand identity adalah identitas merek yang digunakan untuk membedakan satu brand dengan brand lainnya.

Brand identity adalah istilah yang erat kaitannya dengan brand atau merek. Brand identity memiliki peran penting dalam membentuk persepsi konsumen mengenai usaha yang kamu jalankan. Lantas, apa itu brand identity? Simak terus ulasannya di bawah ini.

Read More: Keunikan Brand Minuman Kekinian, Pelajari Untuk Bisnismu

Definisi Brand Identity

Dalam bahasa Indonesia, brand identity berarti identitas merek. Secara garis besar, brand identity adalah seluruh elemen yang digunakan untuk menggambarkan citra suatu brand atau merek. 

Sementara, melansir Investopedia, brand identity adalah seluruh elemen kasatmata yang digunakan untuk membedakan dan mengidentifikasi brand di benak konsumen. Elemen yang dimaksud bisa berupa logo, warna, dan desain.

Brand identity juga bisa diartikan sebagai sesuatu yang membuat target pasar langsung mengenali merek. Semakin kuat brand identity yang dibuat oleh perusahaan, semakin mudah pula untuk dikenal masyarakat.

Bahkan, besar kemungkinannya konsumen menjadi pelanggan loyal karena memiliki persepsi yang positif mengenai brand terkait. Dengan kata lain, brand identity tak hanya sebagai pembeda dari merek kompetitor. Namun juga menjadi upaya untuk mendorong customer loyalty.

Brand identity umumnya diterapkan pada produk dan komponen yang digunakan perusahaan untuk melakukan pemasaran. Adapun elemen yang digunakan dalam brand identity antara lain warna utama, tipografi, dan elemen visual lainnya yang dibuat dengan desain konsisten.

Contoh dari brand identity yang kuat adalah Apple, si raksasa teknologi asal Amerika Serikat. Saat melihat logo apel digigit, apa kira-kira yang muncul pertama kali di benakmu? Pasti brand Apple kan? Ini karena Apple memiliki identitas merek yang unik namun mudah diingat.

Manfaat Brand Identity untuk Bisnis

Selain sebagai pembeda dari brand lainnya, brand identity masih memiliki sejumlah manfaat lain untuk bisnis. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Membuat brand lebih mudah dikenal

Seperti yang disinggung sebelumnya, manfaat utama brand identity adalah membuat merek perusahaan menjadi lebih mudah dikenal. Tak hanya dikenal oleh konsumen setia, tapi juga para calon konsumen yang berpotensi menjadi pelanggan yang loyal.

Bila konsumen sudah mengenal brand-mu, mereka umumnya akan cenderung memilih produk yang kamu tawarkan. Sebab, mayoritas orang memiliki kecenderungan untuk memilih merek yang sudah lama mereka gunakan alih-alih melirik merek baru.

2. Mendapatkan konsumen setia

Tidak ada perusahaan yang tidak ingin memiliki konsumen yang loyal. Akan tetapi, mendapatkan konsumen setia adalah hal yang sulit untuk diwujudkan. Butuh upaya dan waktu yang lama agar konsumen menjadi loyal terhadap brand.

Salah satunya adalah dengan membangun identitas merek yang unik dan solid. Untuk membangunnya, perusahaan wajib memiliki strategi untuk menciptakan relasi emosional yang kuat dengan konsumen. Dengan begitu, konsumen akan menjadi pelanggan loyal.

3. Tidak kalah saing dengan kompetitor

Seperti yang disinggung, brand identity bisa menjadi pembeda antar merek. Hal ini juga mempermudah konsumen untuk mengenali dan senantiasa mendukung suatu merek tertentu. 

Semakin unik dan kuat brand identity perusahaan, semakin mudah pula pelanggan untuk mengenali brand perusahaan tersebut. Dengan begitu, perusahaan bisa terus tumbuh dan tetap ikut dalam persaingan dengan merek lainnya.

4. Membantu meningkatkan profit

Perusahaan dengan brand identity yang kuat adalah perusahaan yang memiliki reputasi yang baik. Tentunya juga memiliki banyak konsumen loyal di mana hal ini dapat menarik calon pelanggan baru.

Semakin banyak orang yang menggunakan layanan atau membeli produk, semakin meningkat pula profit perusahaan. Di sisi lain, penjualan produk juga semakin lancar mengingat perusahaan sudah memiliki nama. 

Dengan kata lain, perusahaan tetap akan mendapatkan atensi dari konsumen setianya meskipun baru saja merilis produk atau jenis layanan baru.

Cara Membangun Brand Identity

Sekarang, kamu sudah tahu apa itu brand identity dan manfaatnya untuk bisnis. Lalu, bagaimana cara membangun brand identity itu sendiri? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Melakukan riset pasar

Langkah pertama untuk membangun identitas merek adalah melakukan riset pasar. Ini guna mengetahui siapa yang seharusnya menjadi target pasar bisnis kamu. Lakukan riset mendalam seperti apa konsumen memandang produk-produk dari brand kamu.

Selanjutnya, lakukan analisis mengenai kompetitor untuk mengetahui kira-kira strategi apa yang mereka gunakan untuk mengembangkan usaha. Jika sudah, susun strategi yang sesuai untuk membangun identitas merek dan pastikan benar-benar bisa mewakili bisnis kamu.

2. Tetapkan brand value yang khas

Brand value atau nilai merek merupakan aspek penting dalam pembuatan brand identity. Nilai ini juga dapat memengaruhi persepsi konsumen terhadap brand. Untuk itu, sebagai pebisnis kamu harus menentukan nilai seperti apa yang ingin kamu sampaikan ke konsumen.

Value yang kamu buat juga harus unik dan khas brand kamu. Sebab, hal ini akan menjadi landasan penting untuk menciptakan identitas merek yang kuat. Value tersebut bisa kamu ciptakan berdasarkan visi dan misi perusahaan terhadap konsumen.

3. Gunakan bahasa yang sesuai dengan brand

Salah satu cara untuk mengomunikasikan brand value adalah dengan membuat konten untuk media sosial. Sebab, platform sosial lebih mudah untuk menjangkau segala jenis konsumen, termasuk target pasar.

Dalam membuat konten, upayakan untuk menggunakan gaya bahasa yang sesuai dengan merek kamu. Bila identitas merek yang akan kamu ciptakan bersifat santai, gunakan bahasa non-formal yang komunikatif.

Bila identitas merek bersifat high-end, gunakan bahasa profesional. Sebagai catatan, gaya bahasa yang dipilih juga harus diterapkan pada seluruh komponen pemasaran, seperti iklan dan kemasan produk.

4. Buat desain yang berkarakter

Desain adalah salah satu komponen penting dalam brand identity. Ada banyak produk desain yang perlu dibuat, di antaranya logo, desain kemasan barang, dan situs web. Logo termasuk produk desain paling signifikan karena ibarat “wajah” bagi perusahaan.

Sebab itu, pembuatan logo membutuhkan banyak pertimbangan. Pun begitu dengan desain kemasan dan situs web, semuanya harus dibuat dalam desain yang menarik dan bisa mewakili visi dan misi brand.

Untuk itu, elemen visual yang digunakan harus seragam untuk semua produk desain. Elemen yang dimaksud adalah warna, simbol atau bentuk, dan juga tipografi.

5. Memantau brand

Langkah selanjutnya adalah memantau kinerja brand. Caranya dengan memanfaatkan Google Analytic, melakukan survei, menganalisis engagement di berbagai media sosial, dan lain sebagainya.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana masyarakat berinteraksi dengan brand. Pemantauan harus dilakukan secara rutin agar selanjutnya bisa dilakukan evaluasi. Hasil dari evaluasi bisa digunakan untuk menyusun strategi guna mempertahankan brand identity.

Setelah mengetahui apa itu brand identity, manfaat, dan cara membangunnya, kamu juga perlu mengetahui hal-hal yang perlu dihindari. Di antaranya jangan pernah meniru brand identity kompetitor dan hindari pembuatan konten yang tidak konsisten dan tidak seragam.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!