Memahami Apa Itu Etika Bisnis dan Manfaatnya Bagi Pebisnis

apa itu etika bisnis

Pemahaman tentang apa itu etika bisnis jadi aspek penting dalam meraih kesuksesan bisnis. Yuk pahami secara jelas pengertian dan manfaatnya!

Bisnis bukan sekadar upaya untuk mendapatkan keuntungan dan melakukannya dengan berbagai cara. Sebagai seorang pelaku usaha, kamu juga harus memahami apa itu etika bisnis dan menerapkannya dalam aktivitas sehari-hari. Terkesan sepele, tetapi praktik etika bisnis bisa memberikan banyak manfaat. 

Mengingat pentingnya manfaat etika bisnis bagi perusahaan, kamu perlu mengetahui pengertian dan sekaligus menerapkannya. Untuk membantu kamu dalam memahami serta mengimplementasikan etika bisnis tersebut, simak pembahasan lengkapnya sebagai berikut, yuk!

Read More: Hindari Kegagalan Berbisnis Dengan Mempelajari Apa Itu Studi Kelayakan Bisnis

Apa Itu Etika Bisnis

Dalam pengertian secara umum, kamu bisa mengetahui apa itu etika bisnis sebagai prinsip yang menjadi pedoman dalam menjalankan aktivitas bisnis perusahaan. Keberadaannya berguna untuk mengatur hal-hal yang sifatnya kontroversial. Dengan begitu, perusahaan pun bisa mengambil sikap secara jelas saat berada pada situasi tersebut. 

Penerapan etika bisnis bisa mencakup banyak aspek, termasuk di antaranya adalah tata kelola perusahaan, tanggung jawab sosial, diskriminasi, suap, dan lain sebagainya. Lewat pemahaman apa itu etika bisnis yang tepat, perusahaan bisa menjalankan bisnis selaras dengan aturan hukum dan menghindari praktik hal-hal yang merugikan. 

Pengertian Etika Bisnis Menurut Para Ahli

Selain pengertian secara umum, beberapa ahli juga menjabarkan istilah etika bisnis dalam beberapa penjelasan, di antaranya: 

1. Manuel G. Velasquez.

Velasques mempunyai pendapat kalau etika bisnis adalah studi yang berkaitan dengan standar moral. Tak cukup di situ saja, etika bisnis juga mempunyai hubungan erat dengan bagaimana penerapan standar dalam setiap aktivitas dan kebijakan bisnis perusahaan. 

2. Lutz Preuss

Dalam penjelasannya, Preuss mengungkapkan kalau etika bisnis adalah konsep yang menjadi penjelasan riil sebuah bisnis di tengah masyarakat. 

3. Irham Fahmi.

Penjabaran Irham Fahmi mengenai etika bisnis adalah aturan yang bersifat sebagai penegasan. Kamu bisa menetapkannya dengan berlandaskan pada aturan tertulis ataupun tidak. 

4. Kees Bertens

Pendapat Bertens mengungkapkan kalau etika bisnis merupakan refleksi kritis sebuah kegiatan bisnis terhadap aspek moralitas.

5. Clarence C. Walton.

Pendapat berbeda dipunyai oleh Walton yang menganggap kalau apa itu etika bisnis adalah rangkaian kriteria berkaitan dengan penilaian tindakan manusia. Penilaian tersebut didasarkan pada berbagai faktor, di antaranya adalah hubungan masyarakat, tanggung jawab sosial, ekspektasi masyarakat, dan lain-lain.

Prinsip Penting dalam Etika Bisnis

Dalam pemahaman apa itu etika bisnis, kamu perlu mengetahui beberapa prinsip penting yang ada di dalamnya, yaitu: 

1. Otonomi

Pengambilan keputusan merupakan salah satu proses penting dalam bisnis. Dalam pelaksanaannya, setiap keputusan adalah kewenangan penuh perusahaan. Perusahaan pun bisa melakukan pengambilan keputusan tanpa ada campur tangan pihak lain. 

2. Seimbang

Pelaksanaan etika bisnis juga menerapkan prinsip berimbang. Dalam setiap pengambilan keputusan, perusahaan harus melaksanakannya dengan adil tanpa ada pihak yang dirugikan. Salah satu contoh prinsip berimbang adalah pemberian gaji berdasarkan kontrak serta kontribusi karyawan.

3. Kehendak Bebas

Pemahaman tentang apa itu etika bisnis dan penerapannya juga harus mengusung prinsip free will atau kehendak bebas. Artinya, setiap individu memperoleh kesempatan yang sama di hadapan perusahaan. Tidak ada privilege untuk golongan tertentu.

4. Tanggung Jawab

Pelaku bisnis memang mempunyai prinsip otonomi dan kehendak bebas berkaitan dengan etika bisnis. Namun, pelaksanaan bisnis perusahaan tetap harus memperhatikan aspek tanggung jawab. Oleh karena itu, setiap keputusan perusahaan harus dapat dipertanggungjawabkan efek serta dampaknya.

5. Kejujuran

Prinsip yang tak kalah penting dalam etika bisnis adalah kejujuran dan transparansi. Setiap perilaku harus dilakukan dengan memperhatikan prosedur dan regulasi yang berlaku di perusahaan. 

Manfaat Etika Bisnis Bagi Perusahaan

Implementasi etika bisnis memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Manfaat tersebut di antaranya adalah: 

1. Meningkatkan Reputasi Bisnis

Manfaat pertama yang bisa perusahaan dapatkan dari etika bisnis adalah mendorong peningkatan reputasi bisnis atau brand awareness. Upaya perusahaan dalam mendorong implementasi etika bisnis akan mendorong citra positif perusahaan. 

Sebagai contoh, sebuah perusahaan terkenal dengan perlakuannya yang sangat baik kepada para pelanggan. Dampaknya, para konsumen memandang brand dari perusahaan tersebut secara positif. Hal ini akan mendorong mereka untuk melakukan interaksi secara lebih intensif dengan brand

2. Membangun Tingkat Kepercayaan Publik

Selanjutnya, perusahaan juga bisa mendapatkan manfaat implementasi etika bisnis berupa tingkat kepercayaan publik yang meningkat. Tingkat kepercayaan akan mengalami peningkatan seiring dengan reputasi atau citra perusahaan di mata publik. 

Kalau citra perusahaan tengah buruk, konsumen akan mempunyai tingkat kepercayaan yang rendah kepada produk mereka. Situasinya bakal berbeda ketika perusahaan mempunyai brand awareness positif. 

3. Mendorong Perilaku Positif Karyawan

Karyawan mempunyai peran yang sangat penting dalam setiap perusahaan. Oleh karena itu, kamu perlu berupaya menjaga perilaku karyawan agar tetap positif dan mampu menunjukkan kontribusi kepada perusahaan. Bagaimana caranya? Etika bisnis adalah salah satunya. 

Pimpinan yang menetapkan standar etika bisnis secara jelas dan menerapkannya, bakal berdampak secara langsung pada perilaku karyawan. Karyawan akan mengikuti teladan dari para pimpinannya. Kalau kamu menerapkan etika bisnis dengan baik, maka karyawan akan meneladani sikap tersebut dalam menjalankan pekerjaan. 

Contoh Etika Bisnis dalam Lingkup Perusahaan

Untuk bisa lebih memahami apa itu etika bisnis dan bagaimana penerapannya, kamu bisa melihat contohnya sebagai berikut: 

1. Kode Etik Jurnalistik

Jurnalis mempunyai tugas dalam menyampaikan informasi secara transparan dan independen kepada publik. Namun, ada kalanya kamu akan menjumpai adanya upaya pelanggaran etika bisnis di lingkup jurnalistik. Contoh yang paling sering terjadi adalah kasus suap oleh pejabat. 

Pejabat berupaya melakukan penyuapan kepada jurnalis dengan tujuan tertentu. Tujuan tersebut bisa berupa keinginan untuk menutupi sebuah kasus atau skandal. Dengan begitu, publik jadi tidak menjumpai pemberitaan tentang skandal tersebut. 

2. Etika Bisnis saat Kondisi Darurat

Contoh berikutnya sempat ramai beberapa tahun kemarin, yakni saat pandemi COVID-19. Saat itu, tingkat permintaan terhadap masker mengalami peningkatan. Sebagian orang mempunyai etika bisnis yang buruk dengan melakukan penimbunan dan menjualnya kembali dengan harga sangat tinggi. 

Praktik seperti ini memang memberi keuntungan besar kepada pihak penjual. Hanya saja, tindakan seperti ini tidak memenuhi prinsip kesetaraan dan merupakan salah satu bentuk pelanggaran terhadap etika bisnis. 

Nah, itulah penjelasan lengkap yang perlu kamu ketahui dan pahami tentang apa itu etika bisnis dan manfaatnya bagi perusahaan. Penerapannya bisa membantu bisnis jadi lebih langgeng dan mampu bertahan dalam jangka panjang. 

Kamu pemilik bisnis? Ingin proses pembayaran pelanggan makin otomatis dan bisnis maju pesat ?

Yuk bermitra dengan DOKU, perusahaan teknologi pembayaran yang juga pionir payment gateway di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2007, DOKU sudah mengawal ratusan ribu transaksi sukses dari berbagai perusahaan besar hingga UMKM. Cukup sekali daftar, bisnis langsung terkoneksi ke beragam metode pembayaran. 

Terima pembayaran bisnis makin mudah dan pelanggan pun lebih nyaman bertransaksi. 

Pilih solusi pembayaran sesuai kebutuhan Anda, seperti:

  • Solusi Perusahaan: Apapun jenis bisnisnya, kelola pembayaran pelanggan jadi mudah pakai DOKU
  •  Solusi UMKM: Tidak Perlu Paham Teknis, Bisnis Bisa Go Digital

Pastikan untuk ubah setiap peluang menjadi uang! Gunakan DOKU sekarang!