Cara Menghitung Diskon dengan Benar, Biar Tak Kebablasan & Menguntungkan

cara menghitung diskon

Diskon jadi strategi tepat untuk meningkatkan omzet. Ini cara menghitung diskon yang tepat, biar tidak boncos dan mendapat untung besar

Bagaimana cara efektif dalam meningkatkan angka penjualan? Ada banyak strategi yang bisa kamu gunakan. Dari sekian banyak opsi, menawarkan diskon adalah salah satu di antaranya. Hanya saja, kamu perlu memiliki pengetahuan tentang cara menghitung diskon yang benar biar strategi pemasaran berakhir dengan keuntungan. 

Read More: : Tipe-Tipe Konsumen yang Harus Dihadapi Pebisnis, Cek di Sini!

Jenis-Jenis Diskon

Terkait penggunaan strategi promosi dengan diskon, kamu bisa menemukannya dalam berbagai jenis, termasuk di antaranya adalah: 

1. Diskon dalam Bentuk Persentase

Bentuk diskon yang pertama diskon persen. Kamu bakal sering menjumpainya. Bahkan, tak jarang ada pemilik bisnis yang berani menawarkan diskon dalam jumlah besar-besaran, mencapai 70 dan bahkan 80%. 

Dalam praktiknya, penggunaan diskon dalam bentuk persen bertujuan untuk meningkatkan angka penjualan produk secara drastis. Dengan adanya potongan harga yang cukup signifikan, kamu tidak akan mengalami kesulitan dalam menarik perhatian konsumen untuk melakukan pembelian. 

2. Diskon Potongan Harga

Selanjutnya, kamu bisa menemukan penggunaan strategi diskon berupa potongan harga. Penerapan strategi diskon ini biasanya berlaku untuk pembelian barang mencapai angka tertentu. Sebagai contoh, seorang konsumen akan memperoleh potongan harga Rp30 ribu saat melakukan transaksi pembelian senilai Rp500 ribu. 

cara-menghitung-diskon

3. Diskon Produk Khusus

Kamu bisa pula menggunakan strategi diskon khusus. Sesuai dengan namanya, diskon ini hanya perlu kamu berikan pada konsumen dengan karakteristik tertentu. Kamu pun bisa memberikan diskon dalam bentuk potongan harga atau persentase. 

Contohnya adalah ketika kamu menawarkan diskon khusus untuk pengguna kartu kredit BCA. Kamu menawarkan diskon mencapai 30%. Sebagai tambahan, kamu bisa pula menetapkan syarat lain. Misalnya, berlaku hanya untuk produk fashion

4. Diskon Gratis Ongkos Pengiriman

Kalau kamu menyediakan layanan pembelian secara online, ada pilihan untuk memberi diskon dalam bentuk gratis ongkos kirim (ongkir). Praktik seperti ini sangat efektif dalam meningkatkan ketertarikan para pelanggan. 

Kamu bisa menyediakan diskon gratis ongkir lewat berbagai metode. Sebagai contoh, kamu memberikan promo diskon tersebut ketika pelanggan melakukan pembelian dengan nominal tertentu. 

5. Pemberian Hadiah

Terakhir, ada pula diskon yang berupa pemberian hadiah. Pemberian hadiah pada produk tertentu, bisa memberikan nilai lebih di mata pelanggan. Apalagi, kalau kamu menyediakan hadiah berupa produk yang dibuat secara terbatas dan unik. 

Cara Menghitung Diskon yang Benar

Dengan berbagai pilihan jenis diskon, kamu perlu memiliki perhitungannya secara jelas. Terkait hal ini, ada beberapa metode yang bisa kamu pilih: 

1. Cara Menghitung Diskon Tunggal

Metode yang pertama adalah dengan menggunakan rumus dikson tunggal. Rumusnya adalah sebagai berikut: 

  • Diskon (Rp) = % diskon x harga produk
  • Harga produk setelah diskon = Harga asli – diskon
  • Harga produk setelah diskon = (100% – % diskon) x harga asli

Biar lebih jelas, berikut ini adalah contoh perhitungannya: 

Andika menjual pakaian dengan diskon sebesar 20% dari harga asli senilai Rp200 ribu. Lalu, berapa harga jual pakaian tersebut setelah mendapat potongan diskon? 

Nominal diskon = 20% x Rp200 ribu = Rp40 ribu

Maka, harga setelah diskon menjadi = Rp200 ribu – Rp40 ribu = Rp160 ribu

2. Cara Menghitung Diskon Ganda

Beberapa penjual terkadang menyediakan diskon ganda atau bertingkat. Dibandingkan dengan diskon tunggal, cara menghitung diskon ganda memang sedikit lebih rumit. Kamu bisa menggunakan rumus perhitungannya sebagai berikut: 

  • Harga setelah diskon pertama = (100% – % diskon pertama) x harga produk
  • Harga setelah diskon kedua = (100% – % diskon kedua) x harga barang setelah diskon pertama

Contoh perhitungan rumus diskon ganda bisa kamu lihat sebagai berikut:

Andika menjual sepatu yang mempunyai harga Rp500 ribu dengan disertai diskon ganda 30% + 30%. Maka, perhitungannya adalah sebagai berikut: 

Harga sepatu setelah diskon pertama = (100% – 30%) x Rp500 ribu = 70% x Rp500 ribu = Rp350 ribu. 

Harga sepatu setelah diskon kedua = (100% – 30%) x Rp350 ribu = 70% x Rp350 ribu = Rp245 ribu. 

Jadi, harga jual sepatu setelah diskon ganda adalah sebesar Rp245 ribu. 

cara-menghitung-diskon

Tips Biar Tetap Untung Meski Menawarkan Diskon

Kamu punya kebebasan dalam menentukan diskon. Namun, hal penting yang perlu kamu perhatikan adalah jangan sampai pemberian diskon malah membuat bisnis merugi. Sebagai solusinya, ada 3 tips penting yang perlu kamu perhatikan saat menjual barang dengan diskon, yaitu: 

1. Perhitungkan Semua Biaya

Dalam menentukan harga jual produk, kamu harus memperhitungkan semua biaya yang dikeluarkan. Jenis pengeluaran bisa berbeda-beda untuk masing-masing pelaku bisnis. Hal ini bergantung dengan jenis usaha yang kamu jalankan.

Sebagai contoh, kalau kamu adalah bisnis manufaktur, maka kamu perlu memperhitungkan biaya bahan baku. Selain itu, ada pula biaya lainnya seperti biaya operasional, transportasi, gaji karyawan, listrik, dan lain-lain.

Situasinya berbeda ketika kamu menjalankan usaha dagang. Kamu tak perlu mengeluarkan biaya bahan baku atau biaya produksi. Sebagai gantinya, kamu harus mempertimbangkan biaya seperti biaya gudang, biaya pemasaran, biaya transportasi, dan lain sebagainya. 

2. Cari Tahu Harga Dasar Produk

Dalam setiap bisnis, kamu harus memahami apa itu harga dasar. Harga ini merupakan nominal terendah yang perlu kamu perhatikan ketika menjual sebuah barang. Dalam menentukannya, kamu harus menetapkan harga dasar berada di atas harga pasar.

Dalam menentukan harga dasar sebuah produk, kamu perlu terlebih dulu menghitung biaya produksi. Sebagai contoh, dalam satu kali proses produksi kamu dapat menghasilkan sebanyak 100 produk. Selanjutnya, kamu tinggal melakukan pembagian total biaya produksi dengan jumlah produk yang kamu hasilkan dalam satu kali proses produksi.

3. Tetapkan Margin Profit

Terakhir, kamu perlu menetapkan margin profit dengan tepat. Dalam penentuannya, kamu perlu melakukan riset pasar terlebih dulu. Dengan begitu, kamu akan memperoleh gambaran secara jelas harga pasaran dari sebuah produk. 

Dengan mengetahui harga jual produk para kompetitor, kamu bisa menilai apakah produk yang kamu pasarkan memiliki harga yang kompetitif atau tidak? Apakah harganya terlalu murah? Atau malah terlalu mahal? 

Penentuan margin profit mempunyai kaitan erat dengan penetapan diskon. Dalam menetapkan diskon, kamu tidak boleh melebihi margin profit. Jadi, pastikan kalau nominal diskon lebih kecil dari margin profit. 

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai cara menghitung diskon yang bisa kamu terapkan. Dengan melakukan perhitungan secara matang, strategi diskon yang kamu jalankan tidak hanya meningkatkan angka penjualan. Namun, kamu juga berhasil meraih untung besar. 

Untuk membantu kamu dalam meningkatkan angka penjualan, jangan hanya berfokus pada diskon. Namun jangan melupakan aspek lain, termasuk di antaranya adalah kenyamanan para pelanggan dalam melakukan transaksi. 

Untuk membantu kamu dalam memberi rasa nyaman para pelanggan dalam bertransaksi, kamu bisa menggunakan layanan pembayaran digital milik DOKU. 

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!