Co-Founder DOKU Raih Penghargaan Inspiring Women Awards 2021

Nabilah Alsagoff

Nabilah Alsagoff, baru saja mendapatkan penghargaan sebagai salah satu Inspiring Women 2021, bersama dengan Ibu Negara Iriana Widodo dan Ketua DPR Puan Maharani, serta beberapa wanita lainnya.

Sebagai Co-Founder PT Nusa Satu Inti Artha (DOKU), Nabilah telah meraih penghargaan atas kontribusinya dalam mempromosikan e-Payment di Indonesia.

Penghargaan ini diberikan oleh Iconomics, sebuah entitas komunikasi dan riset, yang mendukung pemimpin-pemimpin perempuan di lingkungan mereka beraktivitas untuk terus bertumbuh. Apresiasi diberikan kepada para tokoh perempuan yang aktif dan penuh karya melalui penghargaan Iconomics Inspiring Women 2021.

Pemimpin Wanita di Indonesia

Di Indonesia, keterlibatan wanita dalam pimpinan organisasi tidak lagi menjadi suatu hal yang asing. Tak hanya pria, wanita juga memiliki peran besar dalam pembangunan. Sudah banyak wanita yang telah menjadi pemimpin di kegiatan usaha di berbagai sektor industri di Indonesia, beragam lembaga, maupun di pemerintahan.

Kesetaraan gender dan pemberdayaan wanita pun telah menjadi fokus banyak negara, termasuk di Indonesia, dengan adanya komitmen berbagai perusahaan untuk memberikan lingkup yang lebih besar bagi wanita, khususnya pada posisi-posisi strategis sebagai pimpinan.

Pemilihan Inspiring Women 2021 oleh Iconomics

Untuk memilih tokoh wanita dalam penghargaan ini, Iconomics memiliki tujuh kriteria dan keunggulan yang harus dipenuhi para pemimpin wanita tersebut sebagai berikut:

Pertama, wanita yang menginspirasi orang lain melalui kerja, ide dan hasil karya serta berprestasi yang diakui secara nasional. 

Kedua, mampu menunjukkan passion dan komitmen, serta nilai pembeda.

Ketiga, berhasil menunjukkan kepimpinan dan kesuksesan selama bertahun-tahun di bidangnya.

Keempat, dikenal memiliki kepribadian yang menonjol dan memiliki rekam jejak dalam hal pengembangan masyarakat.

Kelima, tokoh yang dikenal luas dan dianggap mampu berkontribusi pada kemajuan proses bisnis internal institusinya sehingga berdampak positif bagi kemajuan/profitabilitas bisnis.

Keenam, dikenal memiliki inovasi atau mendorong perubahan yang dapat mendisrupsi kegiatan yang dilakukan sebagai business as usual.

Ketujuh, dikenal sebagai tokoh yang memiliki ide baru atau pemikiran baru yang berdampak positif bagi bidang kegiatannya baik di lingkungan industri atau masyarakat sekitarnya.

Sumber: Iconomics Inspiring Women Awards 2021: Wanita-wanita yang Menginspirasi