Cari Tahu Apa Itu Competitive Advantage, Langkah Krusial yang Bikin Bisnis Lebih Maju

competitive advantage adalah

Competitive advantage adalah salah satu cara yang bisa dilakukan oleh seorang pebisnis untuk memajukan usahanya. Ini merupakan salah satu cara untuk bersaing secara sehat dengan kompetitor usahamu. 

Nah, bagi para pebisnis pemula yang belum paham mengenai competitive advantage, berikut penjelasan mengenai seluk beluknya. 

Read More: Kenal Lebih Dekat dengan KPI Marketing dan Perannya dalam Pengembangan Bisnis

Apa itu Competitive Advantage

Competitive advantage atau yang diterjemahkan sebagai keunggulan kompetitif merupakan cara sebuah perusahaan menghasilkan barang atau jasa dengan kualitas lebih baik atau harga lebih murah daripada para pesaingnya. 

Beberapa faktor yang dikaitkan dengan competitive advantage termasuk struktur biaya, merek , kualitas penawaran produk,  kekayaan intelektual, dan layanan pelanggan.

Competitive advantage merupakan hal untuk dan tidak mudah direplikasi oleh kompetitor. Karena itu, diharapkan bisa mendatangkan keuntungan yang lebih besar. 

Komponen dalam Competitive Advantage 

Terdapat 3 komponen penting yang diperlukan untuk membangun competitive advantage di suatu perusahaan. Apa saja ketiga hal tersebut, berikut penjelasannya: 

1. Value yang ditawarkan

Komponen pertama dalam competitive advantage adalah value atau nilai. Setiap perusahaan harus jelas mengidentifikasi produk atau layanan yang membuat mereka menarik di mata pelanggan.

Produk tersebut diharapkan tak hanya menarik namun juga bisa memberikan imbal hasil yang nyata seperti angka penjualan yang tinggi di pasar.

2. Target pasar

Dalam memasarkan produk kepada konsumen, perusahaan harus memiliki target pasar yang akan disasar. Pengetahuan ini akan membantu tim marketing melakukan langkah promosi yang tepat agar bisa mempertahankan daya saing produk.

Untuk mendapatkan lebih banyak wawasan tentang target pasar perusahaan, kami dapat mencoba beberapa metode berbeda, seperti:

  • Melakukan survei pelanggan
  • Melakukan riset produk dan nilai jual perusahaan kompetitor
  • Mengidentifikasi tren penjualan untuk produk tertentu pada waktu yang berbeda. Misalnya saat perayaan Idul Fitri dan perayaan Natal. 

3. Pesaing

Dalam perjalanannya, sebuah perusahaan harus menetapkan siapa saja kompetitor mereka yang ada di pasar. Setelah mengetahui siapa saja kompetitor, maka perusahaan bisa melakukan riset lanjutan. 

Misalnya meneliti keunggulan produk yang ditawarkan termasuk rasa, kemasan, serta efektivitas promosi. 

Untuk membangun competitive advantage, perusahaan harus mampu mengidentifikasi proposisi nilainya yang akan dicari oleh pasar sasaran, yang tidak dapat ditiru oleh pesaing.

Cara membangun Competitive Advantage

Menurut Profesor Harvard Business School Michael Porter ada tiga strategi penting untuk membangun competitive advantage dalam sebuah perusahaan yakni: 

1. Cost Leadership

Cost leadership atau ‘kepemimpinan biaya’, merupakan istilah yang digunakan saat sebuah perusahaan memproyeksikan sosoknya sebagai produsen barang atau jasa yang paling murah di antara produsen sejenis. 

Dalam penerapannya, strategi ini akan menggabungkan margin keuntungan terendah per unit dengan volume penjualan yang besar demi memaksimalkan keuntungan. 

Jika perusahaan yang kamu pimpin dapat menghasilkan produk dengan biaya lebih rendah daripada kompetitor, maka kamu dapat menetapkan harga jual yang tidak dapat ditiru oleh mereka. 

Untuk menjadi produsen dengan biaya terendah, kamu dapat mencoba beberapa hal seperti : 

  • Meningkatkan produktivitas
  • Menegosiasikan harga bahan baku  dan proses produksi yang lebih rendah
  • Menggunakan teknologi yang lebih efektif dalam produksi
  • Mengurangi limbah
  • Melatih karyawan agar memiliki kemampuan yang lebih baik. 

2. Diferensiasi

Strategi diferensiasi merupakan proses yang melibatkan pengembangan produk atau jasa agar menjadi sesuatu yang unik dan berbeda dari yang ditawarkan oleh para kompetitor. 

Untuk menerapkan strategi ini, perusahaan harus secara konsisten berinvestasi dalam bidang R&D demi mempertahankan atau meningkatkan fitur produk serta layanan yang diberikan. 

Dengan menawarkan produk yang unik, perusahaan memiliki peluang yang lebih besar untuk meyakinkan konsumen membayar harga lebih tinggi. Hasilnya, margin keuntungan yang didapatkan pun lebih besar. 

3. Fokus

Dalam strategi fokus, perusahaan harus menyasar segmen pasar tertentu. Strategi ini bisa dimanfaatkan untuk mengidentifikasi kelompok pelanggan yang memiliki kebutuhan dan keinginan unik. 

Dari kebutuhan tersebut, perusahaan bisa menyediakan produk atau layanan khusus untuk mereka. Jenis strategi ini pada dasarnya adalah pemasaran sampel dan bertujuan pasar yang tersedia tidak dipenuhi oleh kompetitor. 

Strategi competitive advantage fokus memiliki dua variabel utama yakni :

  • Fokus diferensiasi yakni fokus yang bisa dilakukan perusahaan untuk menawarkan produk atau jasa di segmen pasar yang terbatas. 
  • Fokus biaya adalah fokus perusahaan untuk menjadi produsen yang menawarkan produk dengan biaya terendah di segmen pasar terbatas.

Pentingnya Competitive Advantage

Memiliki keunggulan kompetitif atas pesaing Anda sangat penting untuk kesuksesan bisnis karena:

  1. Berkontribusi pada margin keuntungan yang lebih tinggi.
  2. Membantu menarik lebih banyak pelanggan dengan frekuensi yang lebih sering.
  3. Membantu menjaga loyalitas pelanggan terhadap brand.
  4. Pendapatan perusahaan di masa depan akan lebih stabil dan nominalnya lebih mudah diprediksi.   
  5. Membantu menarik lebih banyak kerjasama brand dan calon investor.

Contoh Sukses Penerapan Competitive Advantage

Ada tiga perusahaan besar yang sukses menerapkan prinsip competitive advantage. Kesuksesan mereka bisa ditiru untuk merancang strategi yang tepat bagi perusahaanmu. Berikut, 3 perusahaan tersebut: 

1. Walmart

Merupakan perusahaan ritel multinasional di Amerika Serikat yang mengoperasikan ribuan hypermarket. Walmart unggul dalam strategi cost leadership. Perusahaan ini menawarkan tagline “Harga Selalu Rendah”.  

Namun tagline tersebut tak hanya isapan jempol belaka namun sudah terbukti selama puluhan tahun. Harga barang disini lebih rendah dari kompetitor termasuk harga barang dengan kualitas terbaik.

2. Apple

Siapa yang tidak kenal Apple? Perusahaan besutan mending Steve Jobs ini sangat sukses di bidang teknologi digital. 

Apple menggunakan strategi diferensiasi untuk menarik basis konsumennya. Lihat saja, produk yang ditawarkan memiliki desain yang ikonik dan teknologi yang inovatif. 

Karena itu, tak heran produk yang dihasilkan sangat laris dipasaran meskipun memiliki harga yang tinggi. Bayangkan, untuk sebuah ponsel saja, para pembeli rela merogoh kocek hingga belasan juta. 

3. Whole Foods Market

Keunggulan dari Whole Foods Market bergantung pada strategi fokus diferensiasi. Perusahaan ini merupakan pemimpin di pasar bahan makanan premium. 

Mereka bahkan bisa menetapkan harga yang lebih mahal dari kompetitornya karena produk yang ditawarkan lebih unik unik. Ini menarik karena perusahaan bisa meraup pendapatan besar meskipun hanya sedikit produk yang terjual. 

Competitive advantage adalah komponen penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Meskipun demikian, kamu harus tetap menerapkan model bisnis yang lebih modern dan kekinian. 

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!