Contoh Pemanfaatan Data Base Pelanggan dalam Strategi Pemasaran

Data base pelanggan menjadi salah satu bentuk intangible asset yang sangat penting bagi setiap pelaku usaha. Kamu bisa menemukan berbagai contoh data base pelanggan yang memuat banyak informasi penting. Selanjutnya, data tersebut dapat kamu manfaatkan untuk menyusun strategi pemasaran produk. 

Lalu, bagaimana cara memanfaatkan data base pelanggan untuk kepentingan strategi pemasaran produk? Untuk mengetahui cara pemanfaatan data tersebut, kamu bisa membaca artikel ini sampai selesai, ya. 

Read More: Penting untuk Jangka Panjang Bisnis, Ini Tugas Customer Relation

Apa Itu Data Base Pelanggan

Sebagai bagian dari aset bisnis, kamu harus memiliki pemahaman yang benar tentang apa itu data base pelanggan. Kamu memang dapat melihat berbagai contoh data base pelanggan dengan berbagai informasi di dalamnya. Biasanya, data tersebut mencakup beberapa informasi, termasuk di antaranya: 

  • Nama lengkap
  • Nomor telepon
  • Alamat email
  • Data demografis seperti usia, status pernikahan, ataupun anggota keluarga
  • Data terkait pekerjaan
  • Perilaku berbelanja
  • Dan lain sebagainya

Kamu tidak harus menyusun informasi konsumen sesuai dengan contoh data base pelanggan yang didapatkan. Jenis informasi yang termuat di dalamnya dapat kamu sesuaikan dengan tujuan penggunaan, prospek yang kamu miliki, ataupun jenis data yang dikumpulkan. 

Manfaat Data Base Pelanggan

Ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh berkaitan dengan keberadaan data base pelanggan. Manfaat tersebut di antaranya adalah: 

1. Mengetahui Segmentasi Pelanggan

Karakteristik setiap pelanggan yang kamu miliki berbeda satu sama lain. Selain itu, kamu juga harus tahu kalau tidak semua pelanggan bernilai sama. Ada sebagian kecil konsumen yang bisa saja termasuk sebagai kelompok pelanggan paling berharga untuk bisnis kamu. 

Cara mengetahui segmen pelanggan yang paling berharga untuk bisnis dapat kamu lakukan analisis RFM. Analisis RFM adalah cara mengetahui segmen konsumen dengan memperhatikan 3 faktor, yaitu: 

  • Recency, memperlihatkan interaksi terakhir yang dilakukan oleh pelanggan
  • Frequency, intensitas pelanggan dalam melakukan transaksi
  • Monetary value, mengukur seberapa banyak nilai transaksi pelanggan

Analisis RFM bisa membantu kamu dalam mengetahui seberapa banyak konsumen bernilai tinggi yang dimiliki. Selanjutnya, kamu pun bisa menggali informasi lebih dalam untuk menciptakan profil pelanggan yang ideal dan memanfaatkannya untuk menyusun strategi pemasaran. 

2. Menarik dan Mempertahankan Pelanggan Bernilai Tinggi

Kamu sudah tahu segmen pelanggan yang paling berharga di bisnismu. Dengan menggunakan data tersebut, kamu sudah tahu profil pelanggan ideal. Selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan data base tersebut untuk mencari lebih banyak pelanggan yang mempunyai karakteristik serupa. 

3. Menurunkan Angka Churn Rate

Peningkatan churn rate sebuah bisnis tidak terjadi secara tiba-tiba. Fenomena tersebut muncul karena adanya ketidakpuasan pelanggan terhadap kualitas layanan ataupun produk. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? 

Jawabannya adalah dengan memperhatikan data base berkaitan dengan feedback dari para pelanggan. Selanjutnya, kamu pun perlu menyediakan response secara cepat untuk mencegah terjadinya churn oleh pelanggan. 

4. Mendorong Retensi Pelanggan

Kamu sudah berhasil menarik pelanggan berpotensi tinggi baru dalam jumlah banyak. Namun, jangan berhenti sampai di situ. Manfaatkan data base yang kamu punyai untuk mendorong para pelanggan tersebut untuk melakukan transaksi kembali, biasa dikenal dengan istilah retensi pelanggan. 

5. Menghadirkan Pengalaman Belanja yang Personalized

Manfaat selanjutnya adalah terkait kesempatan untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang personal lewat berbagai kanal penjualan. Keberadaan data pelanggan bisa membantu kamu dalam mewujudkan pengalaman tersebut. 

Kamu dapat memperhatikan informasi terkait perilaku pelanggan saat melakukan transaksi. Di situ, kamu bisa mengetahui aspek yang mereka suka, hal-hal yang tak disukai, ekspektasi, kebutuhan, hal yang mereka nilai paling berharga dari sebuah brand, dan lain sebagainya. 

Cara Mendapatkan Data Base Pelanggan

Dengan memperhatikan manfaatnya yang sangat besar, kamu tentu berkeinginan untuk mengumpulkan data selayaknya contoh data base pelanggan dari pengusaha sukses, kan? Upaya yang bisa kamu lakukan untuk pengumpulan data tersebut bisa sangat beragam, termasuk di antaranya: 

1. Survei

Upaya pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengadakan survei. Kamu dapat menyelenggarakan survei dalam berbagai kesempatan, termasuk di antaranya adalah setelah transaksi, saat pelanggan membuat akun baru, atau ketika pameran. 

2. Riwayat Transaksi

Ada pula kesempatan untuk memperoleh informasi data base pelanggan dengan memanfaatkan riwayat transaksi. Di sini, kamu bisa mengetahui produk yang paling banyak menjadi pilihan serta pola pembelian barang secara personal oleh setiap pelanggan. 

3. Website Tracking

Selanjutnya, ada pertimbangan untuk menggunakan fasilitas website tracking seperti Google Analytics. Di situ, kamu bisa mendapatkan berbagai parameter penting untuk data base pelanggan, seperti jumlah pengunjung, perilaku pengunjung selama di website, ataupun transaksi yang terjadi. 

4. Media Sosial

Data base yang kualitatif dan kuantitatif dapat pula kamu peroleh dari media sosial. Data kualitatif bisa kamu peroleh dalam bentuk konten serta ulasan. Sementara itu, data kuantitatif dapat berupa jumlah follower, CTR, ataupun share

Contoh Pemanfaatan Data Base Pelanggan untuk Kepentingan Bisnis

Setelah memahami manfaat serta cara pengumpulannya, kamu perlu tahu cara penggunaan data base pelanggan. Biar tidak bingung lagi, berikut ini adalah beberapa contoh pemanfaatan data base pelanggan yang bisa kamu tiru: 

1. Penawaran yang Bersifat Personal

Contoh pemanfaatan data base pelanggan yang pertama adalah dengan memberikan penawaran bersifat personal. Kamu bisa menyediakan penawaran dengan berdasarkan keinginan dari setiap pelanggan. Biar mereka semakin tertarik, berikan penawaran spesial serta promo yang selaras dengan minat masing-masing. 

2. Meningkatkan Kualitas Konten Marketing

Cara selanjutnya dalam memanfaatkan data base pelanggan adalah dengan menciptakan konten pemasaran yang tepat. Pengetahuan tentang karakteristik pelanggan bisa membantu kamu untuk membangun konten yang disukai oleh para konsumen. Dengan begitu, keberadaan konten tersebut dapat beresonansi secara lebih baik dengan audiens. 

3. Menjangkau Segmen Pasar yang Luas

Berikutnya, kamu bisa memakai data base konsumen sebagai modal penting dalam melakukan pemasaran produk lewat iklan di internet. Kamu dapat menggunakan data demografi, perilaku, psikografis, ataupun geografis untuk mencari lookalike audiences

4. Meningkatkan Kualitas Produk

Kamu bisa pula memanfaatkan data base pelanggan untuk kebutuhan terkait peningkatan kualitas produk, baik dalam bentuk barang atau jasa. Upaya ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan data berupa feedback serta ulasan dari pelanggan. 

Sebagai contoh, kamu dapat melakukan survei terkait kenyamanan berbelanja. Dari situ, kamu akan mengetahui pain point dari konsumen. Selanjutnya, kamu dapat melakukan perbaikan, baik dalam bentuk penghapusan atau penambahan fitur. 

Nah, itulah informasi penting yang bisa kamu manfaatkan terkait penggunaan contoh data base pelanggan untuk pengembangan bisnis. Dengan pemanfaatan yang tepat, keberadaannya bisa membuat bisnis jadi lebih maju dan berkembang. 

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!