Contoh Riset Pasar Produk Kerajinan, Pengarajin Perlu Tahu!

Berikut ini beberapa contoh riset pasar produk kerajinan, mulai dari riset pasar produk kerajinan perak, riset pasar produk tas, dan riset pasar kerajinan keramik.

Indonesia memiliki cukup banyak produk kerajinan nasional baik dari pelaku industri kecil maupun pelaku industri menengah. Hal ini tentu tidak lepas dari dukungan pemerintah. Beberapa daerah bahkan sudah terkenal sebagai penghasil industri kerajinan tertentu.

Misalnya, Solo, Madura, dan Pekalongan yang terkenal dengan batik khas daerah mereka. Ada juga tenun Sumba dari Nusa Tenggara Timur. Jepara yang sangat khas dengan ukiran dan pahatan kayu, serta tenun ulos asal Batak di Sumatera Utara.

Buat kamu yang tertarik untuk terjun di industri serupa, perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu agar mampu bersaing dan unggul nantinya. Apa itu riset pasar dan apa saja tujuannya? Berikut ini penjelasan lengkapnya beserta contoh riset pasar produk kerajinan.

Read More: Mau Mengurus Haki (Hak Cipta)? Ini Syarat dan Langkah-langkahnya

Pengertian dan Tujuan Riset Pasar

Riset pasar atau marketing research adalah hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai sebuah bisnis atau usaha. Menurut American Marketing Association (AMA), riset pasar diartikan sebagai proses yang dilakukan sebagai upaya untuk menghubungkan beberapa pihak melalui sarana informasi.

Pihak yang dimaksud bisa konsumen atau masyarakat umum. Proses dalam riset pasar sendiri bisa berupa observasi, pengumpulan data, dan pengolahan data yang didapatkan dari pasar. 

Nah, apa saja sih tujuan melakukan riset pasar? Berikut ini beberapa tujuan dilakukannya riset pasar:

1. Evaluating

Evaluating atau evaluasi adalah menilai program-program atau strategi pemasaran yang telah diaplikasikan sebelumnya. Dalam bisnis, fungsi evaluating adalah meninjau brand dengan brand atau produk pesaing. 

2. Understanding

Understanding atau mengenali pelanggan atau konsumen yaitu mampu mempelajari dan memahami pelanggan dan apa yang mereka butuhkan dan sukai. Kebutuhan dan kesukaan konsumen tentu menjadi poin penting bagi bisnis kamu. 

3. Predicting

Predicting atau memprediksi adalah memperkirakan segala risiko yang mungkin muncul dan strategi untuk mengatasi munculnya risiko tadi. Hal ini perlu dilakukan mengingat ketidakpastian tidak bisa diprediksi.

4. Controlling

Controlling merupakan proses untuk memastikan semua aktivitas bisnis berjalan dengan lancar dan sesuai rencana. Fungsinya tentu untuk mengatasi zero defect

Metode Dalam Riset Pasar

Dalam hal observasi dan pengumpulan data dalam riset pasar, ada beberapa metode yang bisa kamu terapkan. Berikut beberapa metode tadi:

1. Kuesioner

Metode ini dilakukan dengan cara membuat beberapa daftar pertanyaan di dalam formulir. Nantinya, formulir ini disebar kepada beberapa orang atau pelanggan untuk dijadikan sampel riset.

2. Riset Group

Berbeda dengan kuesioner yang menggunakan pertanyaan, riset grup dilakukan dengan mengumpulkan beberapa orang atau kelompok untuk menanyakan pendapatan, kebutuhan, keluhan, dan harapan mereka pada suatu produk.

3. Observasi

Dalam metode observasi, kamu mengamati kejadian-kejadian yang ada di pasar yang berkaitan dengan bisnismu. Misalnya, mencari tahu melalui media sosial atau mengunjungi suatu tempat.

4. Survei

Metode selanjutnya adalah survei. Survei dilakukan secara acak tanpa memilih secara khusus konsumen atau kelompok tertentu. Tujuannya adalah mengetahui gambaran umum masyarakat terhadap produk kamu.

Apa Saja Contoh Produk Kerajinan

Dalam industri produk kerajinan, riset pasar sangat penting. Sebelum kita melangkah ke contoh riset pasar produk kerajinan, berikut ini beberapa contoh kerajinan lokal khas nusantara:

Batik

Selain diproduksi untuk pakaian, batik juga banyak diaplikasikan untuk tas, dompet, tempat pensil, atau hiasan dinding.

Kerajinan Perak

Beberapa contoh kerajinan perak adalah perhiasan, peralatan makan, miniatur transportasi atau bangunan, dan aksesoris lainnya.

Kipas Kayu Cendana

Yang membuat kerajinan ini banyak digemari adalah baunya yang harum serta bentuknya yang cantik dan praktis. 

Kerajinan Keramik

Beberapa contoh kerajinan keramik adalah gelas, guci, cangkir, patung, piring hias, kotak perhiasan, miniatur, dan masih banyak lagi. 

Wayang

Satu lagi produk kerajinan khas Indonesia adalah wayang. Ada beberapa jenis wayang, misalnya wayang kulit, wayang golek, wayang klitik, wayang purwa, dan wayang beber.

Contoh Riset Pasar Produk Kerajinan

Beberapa contoh riset pasar produk kerajinan yang bisa kamu contoh.

1. Contoh Riset Pasar Produk Kerajinan Perak

Metode riset yang bisa kamu lakukan di antaranya dengan studi literature, observasi lapangan, dan survei wisatawan.

  • Studi literatur

Studi literatur dilakukan dengan mempelajari dan meneliti artikel dan atau buku-buku yang berhubungan dengan produk kerajinan perak.

  • Observasi lapangan

Observasi lapangan dilakukan dengan mengunjungi lokasi pengrajin perak, misalnya yang paling populer adalah Kotagede di Yogyakarta. Kamu bisa mengamati pengrajin dan pengusaha perak di sana untuk selanjutnya mengumpulkan data-data yang diperlukan.

  • Survei Wisatawan

Survei wisatawan dilakukan dengan cara memberikan kuisioner kepada beberapa pengunjung yang membeli produk kerajinan perak di Kotagede.

Dari metode tadi, kamu bisa memetakan segmen pasar yang paling potensial dan target utama pemasaran. Setelah tahu segmen pasar, kamu bisa menentukan strategi pemasaran produk yang menarik minat pengunjung.

2. Contoh Riset Pasar Produk Kerajinan Tas

Apabila kamu tertarik pada industri kerajinan tas, ada beberapa cara riset pasar yang bisa kamu lakukan. Berikut ini contohnya:

  • Riset harga 

Pastikan harga produk tas kamu tidak terlalu mahal, tapi juga tetap mengutamakan kualitas. Namun, jangan pula mematok harga terlalu murah dibandingkan harga di pasaran.

  • Riset pemasok bahan baku

Memilih supplier yang tepat sangat penting karena hal ini juga memengaruhi kualitas dan harga produk tasmu. Karena itu, meneliti pemasok kamu dan pemasok-pemasok lain secara berkala sangat penting.

  • Riset strategi pasar

Tentunya dalam menjalankan bisnis, kamu sudah menentukan strategi apa yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan bisnis jangka pendek dan jangka panjang. Karenanya, evaluasi strategi bisnis secara berkala dan tingkatkan terus pemasaran.

  • Riset inovasi bisnis

Menciptakan desain tas yang unik dan inovatif akan membuat produk kamu unggul. Cari tahu juga tas yang sedang populer. Pastikan tas kamu memiliki keunggulan yang bisa menjadi nilai jual tersendiri. Selain berinovasi dengan desain, kamu juga bisa berinovasi dengan diskon harga dan promosi.

3. Contoh Riset Pasar Produk Kerajinan Keramik

Contoh riset pasar produk kerajinan berikutnya adalah riset pasar untuk produk kerajinan keramik. Beberapa langkah yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Riset produk

Apakah keramik yang kamu hasilkan sudah lebih rapi dan halus dibandingkan produk keramik lain? Cukup kuaktkah produkmus? Apakah produk kamu memiliki desain dan motif yang unik dan menarik? Apakah kamu sudah menghasilkan produk yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen?

  • Riset pemasaran

Pemasaran menjadi sesuatu yang harus senantiasa dilakukan dan ditingkatkan. Beberapa langkah promosi yang bisa kamu lakukan yaitu membuka show room untuk produk keramikmu, membuka agen pemasaran di kota-kota besar, dan memanfaatkan sosial media.

  • Riset harga

Menentukan harga menjadi hal utama yang bisa menentukan apakah bisnis bisa mendapatkan keuntungan dan bisa terus produksi. Lakukan riset harga produk keramik lain dan hitung dengan teliti biaya produksi kamu, risiko, serta keuntungan.

Itu tadi pengertian, tujuan, dan contoh riset pasar produk kerajinan. Riset pasar memegang peranan yang sangat penting dalam proses pemasaran dan menentukan strategi bisnis ke depannya. Semoga bermanfaat.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini. 

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!