Butuh Ide Bisnis Kreatif dan Unik? Ini 10 Daftarnya

ide bisnis kreatif dan unik

Mau coba buka usaha yang beda dari yang lain? Simak beberapa ide bisnis kreatif dan unik berikut ini!

Salah satu tantangan paling sulit ketika akan memulai bisnis sendiri adalah mencari cara bagaimana untuk tampil beda di antara pesaingmu lewat ide bisnis kreatif dan unik. Kamu bisa saja menjual produk yang populer karena permintaan sudah pasti tinggi. Tapi, semakin tinggi permintaan, semakin kompetitif pasarnya dan semakin besar pula persaingannya. 

Di sisi lain, kamu bisa saja menjual produk yang benar-benar baru –yang belum disediakan atau dijual oleh perusahaan lain. Ini bisa saja mudah dari segi persaingan. Tapi pertanyaannya: apakah pasarnya cukup besar sehingga bisnismu bisa bertahan?

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa memulai bisnis yang sukses adalah mencari ide bisnis kreatif dan unik. Biasanya, pesaing lebih sedikit. Hanya saja, kamu juga perlu memastikan bahwa kamu memang punya target pasar. Simak beberapa idenya berikut ini!

Read More: Menguntungkan, Ini 10 Ide Bisnis Jasa Terkini

1. Membuka Food Truck

Kalau kamu suka dengan dunia kuliner, kamu mungkin bermimpi ingin bisa membangun kafe atau restoran sendiri. Tapi, tahukah kamu kalau sejak tahun 2016, pertumbuhan mobile food alias penjual makanan yang berpindah berkonsep food truck berkembang pesat?

Hal yang sama juga terjadi selama pandemi. Di saat banyak restoran kesulitan karena harus tutup, bisnis food truck mengalami pertumbuhan yang signifikan. Ini menjadi peluang yang menjanjikan bagi kamu yang ingin mencoba membuka bisnis kuliner yang berbeda. 

Kamu juga bisa memadukan konsep penjualan berbeda. Jadi, selain berjualan dari satu tempat ke tempat lain dengan truk, kamu bisa menawarkan berbagai menu andalanmu lewat website atau media sosial.

2. Menjadi Desainer Interior Virtual dan Menjual Produk Dekorasi Rumah

Selama pandemi, industri dekorasi rumah mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Diprediksi, tren ini masih akan berkembang sampai tahun 2026 mendatang. Dengan munculnya augmented reality, konsumen bisa melihat bagaimana furnitur dan produk dekorasi rumah lainnya jika dipasang di rumah mereka. Ini memunculkan peluang bisnis baru: desainer interior virtual.

Meski bisnis ini masih terbilang baru, namun pangsa pasarnya cukup banyak. Jika kamu mulai terjun sekarang, kamu akan menjadi salah satu ‘pemain’ yang diperhitungkan dalam beberapa tahun ke depan.

3. Membuka Jasa Dog-walking atau Pet-sitting

Kalau kamu suka anjing atau hewan peliharaan lain, kamu bisa mengambil kesempatan ini dengan memulai bisnis jasa dog-walking. Penyedia layanan seperti ini sangat cocok untuk mereka yang punya peliharaan namun tinggal di kota besar sehingga tidak punya banyak waktu membawa peliharaannya jalan-jalan.

Selain membuka jasa dog-walking, pet-sitting juga punya peluang yang tak kalah menjanjikan. Sediakan jasa ini untuk orang-orang yang akan bepergian jauh tapi tidak bisa membawa serta hewan peliharaan mereka. Karena bisnis ini adalah bisnis terlokalisasi, pastikan kamu mengiklankannya dengan cara yang benar agar bisa menjangkau target pasar dengan demografi yang sesuai.

4. Menjadi Guru Virtual

Kursus online adalah tempat belajar berbagai hal. Mulai dari memasak, bermain piano hingga berbahasa asing, bisa dipelajari secara online. Kalau kamu suka mengajar dan memiliki skill yang bisa diajarkan, ada banyak ceruk yang bisa kamu isi.

Industri kursus online juga terus berkembang dengan berbagai niche. Jadi tidak perlu khawatir karena kamu punya kesempatan sangat besar untuk bisa sukses di bidang ini.

5. Menjadi Virtual Assistant untuk Bisnis Lain

Virtual assistant atau asisten virtual adalah pekerja kontrak yang bisa menyediakan berbagai layanan mulai dari akuntansi sampai pemasaran konten dan beragam tugas pribadi (misalnya mengatur jadwal atau merencanakan perjalanan bisnis). Kamu bisa menjadi asisten virtual penuh waktu atau menjadikannya sebagai sampingan.

Dengan semakin banyak bisnis yang beralih ke kegiatan operasional online, permintaan asisten virtual akan semakin besar. Karena itu, bekali dirimu dengan berbagai skill yang dibutuhkan agar klien tertarik menggunakan jasamu.

6. Menjadi Influencer di Media Sosial

Saat ini, media sosial memengaruhi hampir semua aspek kehidupan. Hampir semua orang yang bisa mengakses internet punya media sosial. Itulah sebabnya kenapa influencer marketing juga tumbuh pesat di setiap industri.

Influencer media sosial pada dasarnya adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk menumbuhkan basis pengikut di media sosial dalam niche tertentu. Influencer memiliki otoritas tertentu di antara audiens mereka. Jadi, ketika mereka bermitra dengan sebuah brand, pengikut mereka akan percaya dengan brand tersebut.

Ada berbagai langkah yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang influencer. Namun penting untuk kamu miliki adalah konsistensi serta memilih niche yang sesuai dengan dirimu.

7. Membuka Jasa Cleaning Service dengan Niche Khusus

Dalam keseharian, ada banyak benda yang perlu dibersihkan. Saat ini, bisnis jasa cleaning service dengan niche khusus juga tumbuh dengan pesat. Alih-alih hanya menyediakan jasa bersih-bersih secara umum, kamu bisa memilih ceruk tertentu. Misalnya jasa cuci stroller, jasa cuci sepatu, laundry helm atau spesialis bersih-bersih dapur.

8. Menyediakan Jasa Belanja Bulanan Sekaligus Pesan Antar

Semua orang butuh belanja bulanan, tapi tidak semua orang punya waktu untuk melakukannya sendiri. Kalau kamu tinggal di tengah-tengah lingkup masyarakat yang serba sibuk, kamu bisa menawarkan jasa belanja bulanan sekaligus pesan antar untuk orang-orang di sekitarmu.

Meski belanja online bisa jadi andalan, tapi beberapa produk bahan segar kerap sulit didapatkan secara online. Di sinilah kamu hadir mengisi celah dengan memberikan layanan belanja bulanan sekaligus pesan antar dengan jaminan semua barang sampai dalam keadaan segar ke tangan konsumen.

9. Menjadi Author-preneur

Author-preneur adalah istilah yang digunakan untuk menyebut penulis yang juga ikut menjual karya mereka sendiri. Mereka terlibat langsung dalam semua proses mulai dari penulisan, marketing sampai ke tahap penjualan. 

Bagi kamu yang suka menulis, ada banyak sekali peluang yang tersedia untukmu mencurahkan kreativitas dan mendapatkan uang. Kalau kamu suka menulis novel, ada puluhan platform yang bisa kamu coba. Begitu juga jika bidang yang kamu sukai adalah penulisan artikel atau esai. Temukan platform yang paling sesuai dengan dirimu dan jadilah seorang author-preneur yang sukses.

10. Menjadi Life Coach

Life coach secara umum bekerja dengan klien untuk membantu mereka menghadapi sejumlah tantangan. Mereka biasanya punya spesialisasi dalam bidang-bidang tertentu seperti hubungan (relationship), pengembangan karier atau hanya memberikan dukungan kepada klien ketika mereka sedang menghadapi hambatan.

Kalau kamu punya kemampuan seperti ini, mungkin menjadi life coach adalah profesi yang cocok untuk kamu tekuni.

Itulah beberapa ide bisnis kreatif dan unik yang bisa kamu coba. Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!