11 Istilah Digital Marketing & Mekanismenya yang Wajib Diketahui Para Pebisnis UMKM

Masih merasa asing dengan istilah digital marketing beserta bagaimana cara kerjanya? Tenang saja, kamu bisa mempelajarinya di artikel ini.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa era digitalisasi ini menuntut banyak pihak untuk menjalankan digital marketing. Hal ini terutama penting bagi para pebisnis maupun marketer, dari yang level startup hingga level perusahaan besar. Namun, sebagian masyarakat masih belum memahami beberapa istilah digital marketing yang memang agak rumit. Untuk itu, temukan definisi dan cara bekerjanya di artikel ini! 

Read More: Hard Sell Vs Soft Sell: Temukan Bedanya, Yuk!

Pengenalan Terhadap Digital Marketing

Menyoal definisi, dilansir dari blog.hubspot.com, digital marketing (pemasaran secara digital/online) adalah sebuah upaya dalam pemasaran dengan bantuan media internet. Dari mulai usaha startup, UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), hingga perusahaan raksasa kini mau tidak mau menerapkan pemasaran digital. 

Dalam strategi pemasaran ini, media sosial, search engine (mesin pencarian), website, dan email adalah ‘alat’ yang digunakan untuk dapat menghubungkan antara suatu bisnis atau brand dengan konsumen maupun calon konsumennya. 

Mengapa dikatakan bahwa di masa ini kita wajib mempelajari dan menerapkan digital marketing pada bisnis yang kita jalankan? Perlu diketahui, jutaan bahkan miliaran populasi dunia kini menghabiskan waktunya di depan layar gadget mereka lebih lama daripada waktu mereka di dunia nyata. 

Berdasarkan data survei dari Stock Apps di bulan Juli 2021 lalu, pertumbuhan para pengguna ponsel pintar secara global telah mencapai hingga 5,3 miliar. Angka itu mewakili 67 persen atau lebih dari setengah populasi bumi secara keseluruhan yang adalah 7,9 miliar. Inilah mengapa kini digital marketing wajib dipelajari mereka yang ingin memulai bisnis. 

Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis di Era Globalisasi

Manfaat utama dari pemasaran digital ialah membangun brand awareness yang solid. Selain itu, teknik pemasaran ini menawarkan beragam pilihan format sehingga kamu bisa mengeksplorasi kreativitas seluas mungkin dalam mewujudkan promosi produk secara digital. Sekalipun bujet untuk pemasaran dalam kondisi terbatas!

Di samping kelebihannya yang dapat menekan pengeluaran untuk pembuatan promosi produk, pemasaran online pun dapat lebih terukur berkat adanya sistem analitik. Sistem ini juga lah yang dapat mempermudah pengumpulan data dan laporan terkait jumlah kunjungan, demografi visitor, tren konten, hingga angka pembelian. 

Ditambah lagi, berkat digital marketing, kamu akan lebih mudah menjangkau calon konsumen yang potensial sebanyak-banyaknya. Hal ini karena kembali lagi pada fakta bahwa kini semakin banyak orang yang menggunakan smartphone atau gawai lainnya. 

Pada akhirnya, jangan heran jika kamu juga akan meraih pelanggan setia. Dengan berkreasi semenarik mungkin guna mendesain konten-konten marketing yang menarik dan dapat menstimulasi emosi audiens, pembeli akan dengan loyal mengikuti update apapun terkait brand dan produkmu.

Namun, karena metode pemasaran ini relatif sangat baru, wajar jika masih banyak orang yang merasa asing saat hendak memulainya. Untuk itu, sebaiknya kamu memahami dahulu setidaknya sederet istilah digital marketing yang akan dibahas di bawah ini. 

11 Istilah Digital Marketing dan Mekanismenya yang Wajib Diketahui Para Pebisnis

Berikutnya, kamu akan mengetahui lebih lanjut beberapa istilah digital marketing yang mungkin masih terasa asing di kuping, seperti:

1. Adwords

Fitur ini adalah bagian dari Google yang memunculkan iklan berbayar pada search engine (mesin pencari). Berkat fitur tersebut, kamu dapat mempromosikan bisnismu pada mesin pencarian Google hanya dengan mengetikkan keyword (kata kunci) sesuai industri bisnismu. 

2. Affiliate Marketing

Metode pemasaran satu ini adalah dengan mendapatkan dukungan jasa pihak lain, di antaranya endorsement, review produk oleh influencer, Youtuber, blogger, dan lain-lain. Pembayarannya tergantung kesepakatan kerjasama dengan pihak bantuan tersebut, apakah dengan uang atau barter (pertukaran) dengan sejumlah produk/jasa yang ditawarkan.

3. Call to Action

Dikenal dengan singkatan CTA, call to action ialah ungkapan ajakan kepada audiens pada situs web maupun akun media sosial bisnismu untuk segera melakukan sebuah tindakan seusai melihat promosi/iklan produkmu. Kalimat ajakan biasanya sederhana tapi jelas seperti “daftar sekarang!,” “dapatkan diskon 50%!,” atau “klik tautan ini untuk info lebih lanjut!.”

4. Bounce Rate

Istilah digital marketing satu ini mengacu kepada persentase dari jumlah pengunjung website atau akun medsos bisnis, dengan catatan hanya mereka yang masuk ke satu halaman saja (tidak ke halaman lainnya). Jika bounce rate rendah persentasenya, kabar baik untuk bisnismu. Itu artinya, pengunjung suka menghabiskan waktu untuk membuka website-mu. 

5. A/B Testing

Tujuan dilakukannya A/B testing adalah pengukuran seberapa efektifnya percobaan saat suatu situs web mengalami sebuah perubahan. Contohnya, untuk menemukan komposisi halaman terbaik dari sebuah website. Dengan cara ini, kamu juga bisa mengukur strategi pemasaran sekaligus menentukan promosi yang tepat untuk bisnismu. 

6. Search Engine Optimization

Optimasi mesin pencarian atau yang lebih populer dengan singkatan SEO ini merupakan sebuah upaya dalam meningkatkan kualitas maupun kuantitas traffic (lalu lintas) ke situs web. Biasanya dilakukan dengan menggunakan hasil pencarian keyword secara organik/asli. 

Target SEO adalah bagaimana konten dalam bentuk tulisan, gambar, atau video berbasis situs web dapat menembus halaman pertama pada hasil pencarian. Caranya dengan mengetikkan kata kunci yang paling trending

7. Conversion Rate

Angka konversi sebenarnya berbentuk persentase atas jumlah tindakan audiens ketika mengunjungi situs web. Jenis tindakan yang dihitung di antaranya membuka website, mendaftarkan diri sebagai member akun, hingga melakukan pembelian. Ini adalah salah satu faktor penentu keberhasilan strategi pemasaran digital yang kamu jalankan. 

8. Consumer Acquisition Cost

Biasa disingkat CAC, istilah digital marketing ini merupakan biaya yang dikeluarkan dengan tujuan menarik pengunjung untuk menjadi konsumen atau bahkan pelanggan. Biaya ini mencakup iklan dan kampanye lainnya. Mekanismenya, jika kamu mengeluarkan biaya pemasaran sehemat mungkin, keuntungan yang didapatkan pun (seharusnya) kian besar. 

9. Search Engine Results Page

Istilah pemasaran digital yang umumnya disingkat SERP ini ialah peringkat dari halaman konten pemasaran pada mesin pencarian. Bila SERP iklan bisnismu berada pada peringkat paling atas, artinya semakin besar pula kemungkinan audiens mengeklik iklan yang dipasang. 

10. Engagement Rate

Istilah berikutnya adalah persentase terkait jumlah interaksi via tiap-tiap konten yang diunggah ke media sosial maupun situs web. Interasi ini termasuk like, share, maupun komentar audiens. Cara kerjanya, engagement rate yang tinggi dari suatu brand artinya kredibilitas konsumen maupun pihak brand lain yang juga meningkat. 

11. Pay Per Click

Ketika kamu sedang ‘berselancar’ di sebuah website atau blog, kamu tertarik akan satu atau beberapa iklan yang dipasang di sana. Saat itulah kamu memutuskan untuk mengekliknya dan tautan iklan pun membawamu ke situs web lainnya. 

Itulah yang disebut fenomena PPC atau pay per click, di mana situs web yang diiklankan mendapatkan profit atau uang atas setiap klik dari pengunjung. 

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini. Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!