Juragan DOKU, Solusi Terima Pembayaran untuk Social Sellers

juragan doku

Berkembangnya ekosistem digital Indonesia menjadikan mayoritas masyarakat menjadi semakin terbiasa dan memilih untuk melakukan transaksi online dengan memanfaatkan kepraktisan pembayaran digital . Seperti pada data survey yang menunjukkan dimana sebanyak 77% pedagang online mengaku mungkin akan meningkatkan penggunaan pembayaran digital. Sementara itu, sebanyak 17% menyebutkan kemungkinan penggunaan tetap sama (cash/tunai). Data ini mengindikasikan besarnya kebutuhan masyarakat untuk pembayaran digital, sehingga dari para penjual online juga memiliki keinginan yang besar untuk go digital agar kebutuhan pelanggan dapat terfasilitasi, jangkauan pasar semakin diperluas dan laju pertumbuhan bisnis mereka tentunya meningkat.

Meski demikian, data Kominfo menunjukkan bahwa baru sekitar 17,5 juta pelaku UMKM yang masuk ke ekosistem digital dan memanfaatkan e-commerce. Padahal, dengan pemanfaatan teknologi, maka UMKM bisa menghadapi tantangan di era serba digital, meningkatkan pendapatan, memudahkan monitoring aktivitas usaha dan menjangkau basis konsumen lebih luas. 

Untuk mendukung digitalisasi umkm dari segi pembayaran di Indonesia, DOKU menghadirkan Juragan DOKU sebagai platform yang bisa memudahkan pengusaha UMKM untuk go digital. Juragan DOKU sebagai inisiatif baru DOKU yang sebelumnya selama 16 tahun fokus pada segmen korporat, kini siap merangkul segmen UMKM untuk bisa meningkatkan layanan pembayaran UMKM agar transaksi sukses lebih banyak. 

Read More: Ragam Layanan DOKU untuk Dukung Digitalisasi Pembayaran

Juragan DOKU, Solusi Digitalisasi UMKM

Secara resmi, aplikasi Juragan DOKU diluncurkan pada 3 Juli 2023 di Hotel Pullman, Thamrin, Jakarta, acara ini sekaligus menyatakan transformasi bisnis DOKU dari pionir payment gateway menjadi perusahaan teknologi pembayaran. 

Sebagai bagian dari inovasi DOKU, maka logo Juragan DOKU terinspirasi dari arti DOKU dalam bahasa slang yakni uang, lalu dipilihlah koin yang merupakan salah satu bentuk mata uang. Uang logam atau koin memiliki karakteristik yakni ukuran dan nominal yang kecil. Dari karakteristik tersebutlah dimaknai dengan sesuatu yang besar dimulai dari hal kecil. Dengan semangat merintis dari kecil untuk tumbuh bersama itulah, Juragan DOKU diharapkan bisa mendukung para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis lebih pesat dan meraih pendapatan yang lebih banyak lagi.

Bagi para social seller Juragan DOKU akan membantu mereka untuk terima pembayaran lebih cepat, mudah dan lengkap baik online maupun offline. Pelaku usaha UMKM tidak hanya bisa meningkatkan jumlah transaksi sukses tapi juga memperluas basis pelanggan dengan tersedianya berbagai metode pembayaran.

Juragan DOKU dilengkapi dengan berbagai fitur terima pembayaran instan dan langsung pakai (tanpa integrasi) seperti payment link, e-katalog, QRIS dan instant checkout. Anda bisa pakai Juragan DOKU dengan men-download di Play Store/Apple Store atau akses langsung dari website Juragan DOKU melalui laptop / PC.

digitalisasi umkm

Fitur Unggulan Juragan DOKU 

Untuk mendukung bisnis Anda dan terima pembayaran sukses lebih banyak, maka berbagai fitur Juragan DOKU. Berikut fitur yang bisa langsung diimplementasikan pada bisnis UMKM, antara lain:

  1. Instant Checkout: Transaksi sukses via postingan story Instagram yang sudah disematkan link instant checkout. Pelanggan bisa langsung melakukan pembayaran tanpa harus berpindah aplikasi/platform.
  2. Payment Link: Buat payment link ringkas, siap sebar dengan mengikuti 3 langkah mudah. Anda bisa sebar payment link dan terima pembayaran dari aplikasi chat, email, atau DM media sosial. 
  3. E-Katalog: Katalog online langsung pakai yang menampilkan foto produk secara rapi, terhubung dengan beragam opsi pembayaran dan dilengkapi jasa pengiriman.
  4. QRIS: Proses daftar QRIS secara mandiri sampai disetujui melalui aplikasi. Didukung oleh notifikasi real-time dan fitur rekap transaksi. Dapat digunakan untuk berbisnis online maupun offline.

Fitur-fitur pada Juragan DOKU tersebut bisa semakin melengkapi promosi berjualan di media sosial. Jadi, kini saatnya untuk digitalisasi pembayaran bisnis UMKM Anda dengan bergabung bersama Juragan DOKU. Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa di download via smartphone, atau daftar melalui website di sini. Terima pembayaran lancar, usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!