Langkah Jitu Kembangkan Ide dan Peluang Usaha Buat Pemula

Bagi sebagian orang yang baru terjun ke dunia bisnis, menemukan langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha bukan perkara mudah. Hal itu karena pengalaman dan kepekaan dibutuhkan dalam melihat sebuah peluang. Meskipun, bukan berarti kemampuan tersebut tak dapat diasah. 

Nah, bagi kamu yang ingin mengembangkan diri dan tertarik untuk mendalami bisnis, berikut ini beberapa hal seputar peluang usaha dan cara mengembangkannya yang perlu kamu ketahui. 

Read more: Ingin Punya Pendapatan Sampingan? 7 Ide Jualan Online yang Bisa Kamu Coba

Pengertian Peluang Usaha 

Kalau menilik makna literalnya, “peluang” punya arti “kesempatan”. Sementara itu, “usaha” bermakna “upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan dengan memanfaatkan segala yang dimiliki”. 

Dengan kata lain, secara sederhana peluang usaha dapat diartikan sebagai kesempatan yang dimiliki setiap individu untuk mencapai target atau tujuan. Dalam dunia bisnis, tentunya tujuan yang dimaksud adalah profit atau keuntungan. 

Peluang usaha juga termasuk momentum yang dapat dimanfaatkan, ide bisnis, perencanaan, dan beragam kesempatan yang bisa menghasilkan keuntungan. Oleh sebab itu, untuk mendapatkannya, kamu harus terlebih dahulu memahami langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha. 

Sumber Peluang Usaha

Sebelum membahas lebih lanjut soal langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha, ketahui terlebih dahulu tentang sumber peluang usaha yang bisa kamu manfaatkan. Secara sederhana, sumber peluang usaha dapat terbagi menjadi dua, yakni faktor internal dan faktor eksternal. 

Sumber peluang usaha faktor internal berasal dari diri sendiri dan pengalaman pribadimu. Misalnya, hobi, keahlian, latar belakang pendidikan, pengetahuan dan wawasan, hingga ide dan imajinasi. Semua itu bisa menjadi peluang usaha bila kita mau menekuninya dengan sungguh-sungguh. 

Sementara itu, sumber peluang usaha faktor eksternal adalah segala hal yang berasal dari luar diri, misalnya lingkungan sekitar, informasi yang ditemukan, fenomena yang sedang terjadi, permintaan pasar, hingga kebutuhan pasar. Untuk itu, diperlukan kepekaan untuk menangkap peluang ini. 

Karakteristik Peluang Usaha

Dalam mempelajari langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha, penting bagi kita mengenali karakteristik peluang usaha yang baik. Berikut ini garis besar karakteristik peluang usaha yang dapat dikembangkan dan menjanjikan dan cocok untuk pemula. 

  • Produk yang dihasilkan punya nilai jual. 
  • Bisa menghasilkan keuntungan. 
  • Tidak membutuhkan modal yang terlalu besar.
  • Bukan usaha musiman. 
  • Orisinal, hasil dari kreativitas, dan tidak sekadar meniru produk orang lain. 
  • Kelayakan usahanya telah teruji. 
  • Merupakan bidang yang bertahan lama atau terus dibutuhkan masyarakat. 
  • Punya potensi menjadi bisnis berskala besar. 

Langkah-langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, untuk mengembangkan ide dan peluang usaha, terlebih dahulu kamu harus memahami strateginya. Nah, berikut ini langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha yang cocok untuk pemula. 

Tentukan Usaha Bisnis yang Ingin Dijalankan 

Sebelum membuat rancangan bisnis yang lebih besar, terlebih dahulu tanyakan pada dirimu. Apa yang membuatmu ingin menjalankan bisnis tersebut? Apa tujuanmu? Seperti apa targetmu? Hal-hal ini harus sudah dirumuskan sejak sebelum memulai usaha. 

Dengan demikian, rencana bisnis yang nantinya kamu jalankan bisa ideal dan terarah. Rencana bisnis merupakan pondasi dari sebuah usaha. Oleh sebab itu, meskipun yang kamu jalankan adalah usaha kecil, rencana bisnis yang dibuat haruslah matang agar bisa bertahan. 

Riset Bisnis yang Telah Kamu Tentukan 

Setelah menentukan tujuan, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mencari informasi sebanyak mungkin tentang bisnis yang hendak kamu geluti. Riset yang dilakukan termasuk tentang target konsumen, sumber bahan baku, hingga informasi tentang calon kompetitor. 

Bagaimana caranya? Kamu bisa memanfaatkan internet atau coba berkonsultasi dengan orang yang telah terlebih dahulu terjun ke bisnis tersebut. Langkah lain, kamu bisa juga menyebar kuesioner online melalui berbagai media dan platform untuk memperoleh jawaban dari calon target audiens.

Pelajari Kompetitor Bisnismu 

Ketika menjalani bisnis, kamu pasti menemukan kompetitor atau pesaing. Dalam hal ini, kamu tidak perlu menganggap mereka sebagai musuh. Justru, pelajarilah mereka sehingga kamu dapat menemukan celah agar produkmu dapat tampil berbeda dan bersaing dengan sehat.

Dari kompetitor kamu juga bisa mempelajari strategi bisnis. Pelajari cara mereka menjangkau dan menarik konsumen dan cari tahu target pasarnya. Dari sini, kamu bahkan mungkin bisa menemukan kelas konsumen lain yang belum mereka jangkau, namun berpotensi jadi target pasar.  

Tentukan Strategi Pemasaran 

Setelah menentukan target konsumen, langkah selanjutnya adalah menciptakan strategi pemasaran untuk menjangkaunya. Sederhananya, pemasaran bertujuan memperkenalkan produkmu ke khalayak ramai sehingga bisa sampai ke telinga orang-orang yang kamu harapkan akan membelinya. 

Jika dahulu orang harus memasang pamflet atau membayar mahal untuk sekadar beriklan, dengan bantuan internet, kini semua itu bisa dilakukan dengan mudah dan murah. Kamu bisa memanfaatkan media sosial dan website, kemudian mengatur iklan agar bisa sampai ke calon konsumenmu. 

Tingkatkan Kualitas Sumber Daya 

Poin yang tak boleh terlupakan dari langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha adalah peningkatan kualitas sumber daya, baik bahan baku maupun sumber daya manusia. Hal itu karena kedua faktor ini akan mempengaruhi operasional bisnis dalam jangka panjang. 

Peningkatan harus terus dilakukan agar kualitas produk yang kamu tawarkan tetap terjaga. Selalu gunakan bahan baku terbaik untuk menjaga kualitas, serta berikan pelatihan dan benefit untuk menunjang kualitas kerja karyawanmu. 

Terus Berinovasi 

Untuk dapat berkembang dan bertahan, dalam menjalankan bisnis kita harus terus berinovasi. Dengan demikian, produk yang kita tawarkan dapat terus berkompetisi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman. 

Pahami kelebihan dan kekurangan produkmu dengan terus membuka pintu untuk saran dari konsumen. Dengarkan keluhan mereka dan sambut dengan baik setiap kritik yang ada. Langkah ini juga berguna untuk membangun relasi dan loyalitas pelanggan. 

Perluas Relasi Bisnis 

Untuk mengembangkan peluang usaha, tak cukup rasanya bekerja sendirian. Oleh sebab itu, kamu perlu membangun relasi dengan sesama pebisnis, baik untuk memperluas jangkauan maupun efisiensi kerja. 

Misalnya, ciptakan relasi dengan produsen atau penyedia bahan baku produk buatanmu sehingga kamu mungkin bisa mendapatkan barang dengan harga di bawah pasar. Cara lain, jalin relasi yang baik dengan pelaku usaha ekspedisi agar pengiriman barang ke konsumen lebih lancar. 

Lakukan Penilaian dan Evaluasi 

Terakhir, langkah pengembangan ide dan peluang usaha yang wajib kamu lakukan adalah melakukan evaluasi dan penilaian secara berkala. Langkah ini juga berguna sebagai bentuk quality control sehingga kamu akan tahu mana saja bagian yang harus diperbaiki. 

Evaluasi juga berguna untuk merancang strategi bisnis yang paling efektif. Dengan mengetahui setiap kesalahan dan kekurangan, tentunya kamu akan mampu memperbaiki langkah ke depannya sehingga bisnismu dapat bertahan seiring perkembangan zaman.  

Demikian beberapa langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha yang dapat diadopsi oleh pebisnis pemula. Intinya, konsistensi dan disiplin menjadi kunci agar usahamu dapat terus bertahan dan berkembang. 

Jangan takut untuk mencoba hal baru dan berinovasi sebab hanya dengan mencobalah kita dapat menemukan peluang usaha. Asalkan, jangan lupa lakukan evaluasi terhadap setiap langkah yang telah kamu ambil agar setiap pencapaianmu terukur dengan baik. 

Nah, jika kamu tertarik membangun usaha, percayakan saja fasilitasnya pada DOKU. Dengan fitur e-Katalog, pembuatan toko online pun bisa kamu lakukan dengan mudah.Soal pembayaran, kamu bisa memakai fitur QRIS dan Link Bayar dari DOKU untuk mempermudah transaksi pada layananmu. Tidak hanya itu, DOKU juga menyediakan fitur e-Invoice yang akan membuat bisnismu terlihat profesional.