Niche Market, Solusi Memenangi Persaingan Bisnis

niche market adalah

Niche market adalah strategi untuk fokus pada target pasar yang ingin membeli produk tertentu. Pahami lebih jauh definisi, manfaat, hingga contohnya di sini

Niche market adalah salah satu pilihan yang tepat jika kamu ingin memenangi persaingan bisnis. Alasannya sederhana saja. Strategi ini memiliki tujuan utama agar konsumen berpikir “Wah, produk ini jelas untuk saya!”.

Namun, agar bisa menjadi brand dengan posisi utama di benak pelanggan, kamu tidak bisa mencapainya dalam waktu semalam. Pahami definisi niche market beserta manfaat, cara menemukan niche, dan juga contohnya dalam ulasan kali ini.

Read More: Menguasai 7P Dalam Pemasaran: Kunci Sukses Bisnis

Pengertian Niche Market

Niche market adalah bagian dari pasar yang lebih besar dengan kebutuhan, selera, dan identitas unik yang membuatnya berbeda dari pasar secara umum. 

Pemain dalam niche market akan fokus pada audiens yang ingin membeli produk khusus secara spesifik. Kamu dapat menentukan niche dengan harga, demografis, tingkatan kualitas produk, psikografis, hingga geografis.

Contoh paling mudah adalah makanan olahan khusus vegan dalam industri makanan. Ketika kamu menawarkan produk atau layanan secara spesifik, maka secara tidak langsung perusahaan akan lebih produktif. 

Kamu juga bisa membangun perbandingan yang menguntungkan dari pesaing yang lebih umum.

Manfaat Niche Market

Niche market adalah salah satu cara yang bisa kamu tempuh untuk membangun brand positioning. Tidak hanya untuk bisnis baru, niche market juga bisa kamu terapkan untuk melebarkan sayap bisnis.

Lalu apa saja manfaat dari strategi ini?

Hemat Budget Iklan dan Pemasaran

Niche market membantu kamu mengembangkan bisnis di audiens yang tepat. Berbeda dengan mass market yang fokus pada pasar lebih luas, maka audiens niche market lebih sedikit.

Kamu bisa fokus untuk mengalokasikan dana iklan ke pelanggan yang tertarget sesuai dengan niche. Jadi, tidak ada lagi istilah buang-buang uang untuk iklan.

Pesaing Lebih Sedikit

Bermain di niche market tertentu akan membawa kamu ke lingkup persaingan yang lebih kecil. Ini selaras dengan jumlah audiens yang lebih sedikit dibandingkan dengan mass market.

Namun, seiring dengan perkembangan tren dan teknologi, tidak menutup kemungkinan muncul pemain-pemain baru di masa depan. Tentunya kamu perlu bersiap untuk menghadapi hal ini nantinya.

Meningkatkan Loyalitas Merek

Berinteraksi dengan lebih sedikit atau kecil audiens membantu kamu untuk membangun hubungan yang berkualitas dengan lebih mudah. 

Audiens mungkin akan merasa hubungan mereka dengan brand bukan hanya penjual dan pembeli yang berorientasi pada uang, melainkan partner yang saling melengkapi.

Fokus Bisnis Lebih Tertata

Tidak banyak orang yang bisa sukses dalam mengelola bisnis yang beragam. Ketika memilih strategi niche market, artinya kamu hanya akan fokus pada satu bisnis saja.

Pelanggan dan target pasar sudah jelas. Dalam prosesnya, kamu bisa fokus untuk mengembangkan produk dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik.

Bagaimana Cara Menentukan Niche Market?

Semua pebisnis tentu ingin menemukan niche market yang belum tersentuh. Akan tetapi, untuk melakukan hal ini kamu perlu melihat gambaran pasar yang lebih besar terlebih dahulu. 

Setelahnya, kamu dapat menelusurinya dari sana. Pada dasarnya tidak ada cara tunggal untuk memilih niche, tetapi kamu bisa mencobanya dengan:

1. Riset

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah riset. Cara terbaik untuk brainstorming ide yakni dengan memahami apa yang dijual oleh orang lain (pesaing) untuk audiens tertentu. 

Kamu bisa memulainya dengan pencarian Google, termasuk juga rekomendasi dan penelusuran Google.

Selanjutnya, bangun mind map untuk mengorganisir pemikiran dan memperluas ide. Mind map ini juga bisa membantu kamu mengeksplorasi lebih jauh peluang lain dari ide awal yang muncul.

Kemudian, manfaatkan internet untuk mencari komunitas online yang sesuai dengan niche yang akan digarap. 

2. Evaluasi Ide Niche Market

Setelah menemukan ide barang dan niche market yang akan dituju, sekarang saatnya untuk meyakinkan bahwa ada target pasar yang menjanjikan. Ketika melakukan riset, mungkin kamu berpikir bahwa mudah menemukan pelanggan potensial. 

Akan tetapi, kamu butuh effort lebih untuk meyakinkan mereka membeli dan memastikan ada cukup pembeli serta estimasi keuntungan yang menjanjikan. 

Jika di akhir evaluasi ini, kamu melihat bahwa peluang niche market untuk mengumpulkan audiens terlalu kecil, maka pertimbangkan memilih produk dan niche lain.

Lalu bagaimana cara mengevaluasi ide niche market ini?

  • Bangun audiens terlebih dahulu sebelum launching.
  • Lakukan tes sebelum berinvestasi sepenuhnya. Kamu bisa memulai menjual dalam jumlah kecil untuk mendapat feedback dari pelanggan.
  • Jangan ragu untuk menggali lebih dalam untuk mendapatkan insight baru mengenai niche market yang kamu pilih.
  • Riset tren pelanggan terbaru di pasar yang kamu targetkan agar tidak tertinggal.

Saat kamu ada di fase berjualan, yang artinya ide sudah siap dieksekusi, pastikan untuk fokus pada kebutuhan audiens secara spesifik. Memahami kebutuhan yang unik dari setiap niche akan membantumu lebih mudah menyusun marketing campaign.

Contoh Niche Market

Apakah sekarang kamu sedang berpikir tentang ide produk yang cocok dengan strategi ini? Pada dasarnya, ada banyak niche menguntungkan yang bisa kamu pilih. 

Kunci utamanya adalah mengidentifikasi niche market yang bisa kamu kuasai dan punya audiens pelanggan.

Beberapa contoh daftar niche market dan produknya berikut mungkin bisa menginspirasi.

Pelanggan dengan Kesadaran Terhadap Dampak Lingkungan

Isu-isu mengenai lingkungan dan sustainability turut menjadi topik menarik dalam bisnis dan berhasil memunculkan audiens tersendiri. 

Bahkan, menurut survey IBM, sekitar 6 dari 10 konsumen bersedia mengubah kebiasaan belanjanya untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan.

Contoh produk untuk niche market satu ini adalah menstrual cup, kosmetik cruelty-free, produk ramah vegan, hingga sedotan dan kemasan reusable.

Kesehatan dan Kebugaran

Selepas pandemi Covid-19, makin banyak orang yang menyadari pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Kamu bisa menggunakan peluang ini untuk memulai usaha. 

Beberapa produk yang lumayan ngetren belakangan ini untuk niche market kesehatan, seperti susu vegan (oat milk, susu almond, hingga susu kedelai), oil diffuser, hingga kombucha. 

Khusus produk kombucha, kamu bisa memasarkan produk jadi maupun calon indukan untuk pelanggan yang ingin ternak sendiri.

Ibu Hamil dan Menyusui

Niche market untuk ibu hamil dan menyusui juga sangat besar peluangnya untuk kamu coba. Beberapa produk untuk niche satu ini adalah susu, ASI booster, produk fashion, hingga perlengkapan seperti bantal hamil hingga korset.

Pemilik Hewan Peliharaan

Komunitas pemilik atau pecinta hewan peliharaan juga membutuhkan berbagai jenis produk untuk hewan kesayangannya. Hewan peliharaan di sini juga beragam jenisnya, mulai dari kucing, anjing, ikan, burung, dan lain sebagainya.

Setiap hewan punya potensi atau peluang yang bisa dimanfaatkan. Contoh produk untuk niche ini adalah aksesori dan pakaian hewan, makanan dan snack, kamera untuk mengawasi peliharaan saat ditinggal sendirian, GPS tracker, dan lain-lain.

Kini, kamu sudah paham ternyata memilih niche market adalah hal yang tidak mudah. Butuh kerja ekstra untuk menemukan niche yang persaingannya rendah, tetapi punya potensi menjanjikan. 

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini. Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!