Business Owner Wajib Tahu, Ini Perbedaan Sales dan Marketing

perbedaan sales dan marketing

Sales dan marketing tidaklah sama. Jangan sampai keliru, Business Owner harus tahu perbedaan sales dan marketing berikut ini.

Sales dan marketing adalah dua kata yang tidak asing, tetapi masih saja ada yang menganggap keduanya sama. Sebagai pemilik bisnis, kamu wajib tahu perbedaan sales dan marketing agar bisa mendelegasikan tugas dengan tepat dan mencapai target perusahaan.

Secara umum, sales dan marketing merupakan dua fungsi yang berbeda tetapi saling terkait bisnis. Keduanya memang bekerja untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu meningkatkan penjualan dan cuan perusahaan. Namun, peran dan tanggung jawab keduanya berbeda. 

Apa saja perbedaan sales dan marketing? Simak uraian selengkapnya di bawah ini!

Read More: Hard Sell Vs Soft Sell: Temukan Bedanya, Yuk!

Apa itu Sales dan Marketing?

Perbedaan mendasar antara sales dan marketing bisa dilihat dari arti dari kedua kata tersebut. Sales berarti penjualan, sedangkan marketing artinya pemasaran. Maka, sales dan marketing berbeda dalam hal fokus fungsinya. 

Tim marketing bertanggung jawab untuk menarik minat calon konsumen, membangun kesadaran merek, dan menciptakan permintaan pasar. Agar dapat menarik minat pelanggan, tim marketing harus bisa mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Maka dari itu, pekerjaan dalam marketing meliputi riset pasar, pengembangan produk, branding, iklan, dan promosi. 

Setelah tim marketing berhasil menarik minat pelanggan, diharapkan pelanggan tersebut akan melakukan pembelian yang kemudian ditangani oleh tim sales.

Jadi, sales adalah aktivitas untuk menjual produk atau layanan kepada pelanggan. Pekerjaan tim sales termasuk menghubungi calon pelanggan, melakukan presentasi produk, negosiasi, dan menerima pesanan. 

Dalam hal ini, tujuan dari sales adalah untuk menjual produk dan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

Maka, dapat disimpulkan bahwa marketing adalah aktivitas menarik minat calon pembeli, sedangkan sales adalah aktivitas menjual produk sehingga menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. 

Apa Saja Deskripsi Pekerjaan di Bidang Sales dan Marketing?

Lantaran memiliki fungsi yang berbeda, perbedaan sales dan marketing juga bisa dilihat dari deskripsi pekerjaan masing-masing, yaitu:

Job desc marketing

Divisi marketing bertanggung jawab untuk mengelola kegiatan pemasaran. Beberapa tugas yang diemban oleh tim marketing antara lain:

  • mengembangkan strategi pemasaran yang sesuai dengan tujuan perusahaan, termasuk melakukan riset pasar, mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen, dan merencanakan kampanye promosi yang efektif.
  • membuat materi promosi seperti iklan, brosur, dan konten online untuk memperkenalkan produk. Dalam hal ini, tim marketing juga memastikan agar materi promosi terlihat menarik untuk menggaet konsumen.
  • membangun kesadaran merek dan citra merek yang kuat bagi perusahaan. Tugas ini melibatkan pengembangan logo, slogan, dan strategi branding lainnya yang membuat produk atau layanan perusahaan dikenal di pasar.
  • mengelola akun media sosial perusahaan, membuat postingan yang menarik dan relevan untuk audiens, dan memastikan bahwa konten yang dibagikan sesuai dengan value perusahaan.
  • mengumpulkan dan menganalisis data untuk mengukur efektivitas pemasaran, termasuk mengawasi tren pasar dan menggunakan informasi ini untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih baik.

Job desc sales

Pekerjaan tim sales fokus menjual produk dan memastikan tercapainya target penjualan. Beberapa tugas yang menjadi tanggung jawab tim sales antara lain:

  • menetapkan strategi penjualan, mempresentasikan produk, dan melakukan negosiasi dengan calon pelanggan.
  • memastikan bahwa kebutuhan administratif pelanggan terpenuhi dengan baik, seperti dokumen bukti pembelian, perkiraan anggaran, perjanjian pembayaran, kontrak, dan laporan data.
  • mengenalkan produk kepada masyarakat luas, mencari celah dan ceruk yang sesuai dengan produk, dan membuka peluang pasar baru untuk meningkatkan penjualan.
  • memantau dan memahami tren serta dinamika pasar, termasuk mengikuti perkembangan kompetitor, dan mengetahui pergerakan pasar terkini. 
  • memberikan layanan purnajual yang baik, termasuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan calon pelanggan.
  • menjaga dan memperkuat reputasi perusahaan dengan mengikuti etika bisnis yang baik, memastikan produk yang dijual berkualitas, dan memberikan layanan yang baik kepada pelanggan. 

Perbedaan Sales dan Marketing yang Wajib diketahui

Perbedaan antara sales dan marketing tidak terbatas pada job desc saja. Secara menyeluruh, perbedaan sales dan marketing meliputi beberapa aspek berikut:

1. Fokus

Marketing berfokus pada kebutuhan pasar. Karenanya, pekerjaan marketing adalah menarik sebanyak mungkin pelanggan dengan mengenalkan produk sesuai kebutuhan mereka.

Adapun sales berfokus pada kebutuhan perusahaan. Karena itulah, tim sales harus memenuhi target penjualan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan agar mencapai profit yang diharapkan.

2. Metode pendekatan

Pada prinsipnya, marketing menarik pelanggan untuk mengenal produk, sehingga menjangkau pelanggan secara masif dari seluruh segmen melalui media. Adapun media yang digunakan beragam, mulai dari televisi, media sosial, media cetak, hingga baliho.

Sementara itu, sales menghadirkan produk kepada pelanggan sehingga melakukan pendekatan secara individu (one to one) atau customer centric. Dalam hal ini, tim sales berhadapan langsung dengan pembeli, baik bertemu muka atau secara virtual.

3. Tujuan

Marketing bertanggung jawab untuk menciptakan permintaan, sedangkan sales bertanggung jawab untuk memenuhi permintaan tersebut.

Oleh karena itu, tujuan marketing adalah untuk meningkatkan kesadaran dan minat pelanggan terhadap produk atau jasa. Adapun tujuan sales adalah untuk closing transaksi dan menghasilkan pendapatan bagi perusahaan.

4. Proses kerja

Proses marketing meliputi riset pasar, analisis konsumen, segmentasi pasar, strategi pemasaran, dan evaluasi hasil. Sementara itu, proses sales meliputi prospek, presentasi, negosiasi, closing, dan follow up.

5. Sumber daya yang digunakan

Sumber daya marketing meliputi tim kreatif, media sosial, dan website. Adapun sumber daya sales meliputi tim penjualan, database pelanggan, dan alat bantu penjualan.

Tips Strategi Sales dan Marketing yang Sukses

Terlepas dari perbedaan sales dan marketing, keduanya bekerja dan berkesinambungan. Oleh karena itu, diperlukan sinergi antara tim marketing dan sales agar target perusahaan tercapai. Berikut sejumlah tips strategi sales dan marketing agar sukses meraih cuan:

1. Kenali Pembeli

Mengenal karakteristik, preferensi, dan perilaku pelanggan dapat membantu menentukan strategi pemasaran yang tepat dan efektif.  Dengan begitu, perusahaan bisa menawarkan produk atau jasa yang beragam dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

2. Melakukan promosi yang kreatif

Sebagai contoh, menggunakan media sosial, website, atau media massa untuk menarik perhatian dan minat pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Iklan haruslah unik dan menarik agar produkmu ngena di hati audiens.

3. Cepat beradaptasi

Sales yang andal harus dapat beradaptasi dengan berbagai lingkungan dan karakter pelanggan yang ditemui.

4. Tingkatkan customer service

Memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan dapat meningkatkan kepercayaan dan reputasi perusahaan. Karenanya, sales yang profesional tidak hanya menawarkan produk atau jasa, tetapi juga memberikan solusi dan saran bermanfaat.

5. Tawarkan kemudahan

Divisi sales dan marketing harus bekerja sama untuk mencapai target yang ingin dicapai. Kerja sama ini dimulai dari menentukan target pasar hingga menawarkan nilai tambah pada produk dan jasa yang ditawarkan.

Tak lupa, tim marketing dan sales juga perlu untuk menawarkan kemudahan-kemudahan yang bisa dinikmati oleh pelanggan. Salah satunya adalah kemudahan bertransaksi yang aman dan cepat.

Kamu punya bisnis? Ingin Go Digital, jangkau calon pelanggan lebih luas dan omzet meningkat?

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini. Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!