Apa Itu QRIS? Intip Kepanjangan, Definisi, dan Manfaatnya, Yuk!

QRIS Adalah

Pernah dengar tentang QRIS? Pastinya pernah, dong. QRIS adalah terobosan yang diinisiasi oleh Bank Indonesia untuk  mempermudah transaksi digital di Indonesia.

Berbicara mengenai QRIS, biasanya hal utama yang muncul di pikiran adalah QR code. QR code ini bisa dijumpai di berbagai tempat, misalnya seperti restoran, kafe, pusat perbelanjaan, bahkan di transportasi massal seperti KRL atau bus.

Selain untuk mempermudah transaksi digital, apa saja sih yang menjadi manfaat QRIS? Yuk, baca penjelasannya di artikel berikut!

Baca Juga: 7 Metode Pembayaran Online Kekinian dan Plus-Minusnya

QRIS adalah: Definisi dan Kepanjangan QRIS

QRIS (dibaca sebagai ‘kris’) merupakan singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard.

Nah, dari singkatannya saja, kita sudah bisa mengetahui bahwa QRIS adalah QR code yang dibuat sebagai standarnya QR code di Indonesia. 

QRIS merupakan upaya yang dilakukan oleh Bank Indonesia untuk menyatukan beragam QR code yang tersedia di masyarakat saat ini. QR code yang dimaksud adalah QR Code keluaran Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP).

Siapa saja yang dimaksud sebagai PJSP? PJSP adalah perusahaan yang mengeluarkan produk fintech yang fungsi utamanya adalah untuk pembayaran digital, misalnya seperti DOKU, GoPay, DANA, OVO, LinkAja, dan lain sebagainya.

Dengan adanya QRIS, setiap PJSP di Indonesia yang menggunakan QR code sebagai metode pembayarannya, wajib menerapkan QRIS dalam aplikasinya.

Mengapa Sih Harus Ada QRIS?

Sebagaimana disebutkan, QRIS dibuat dalam rangka untuk mempermudah masyarakat melakukan pembayaran secara digital. Kemudahan ini diwujudkan dengan menyediakan satu QR code untuk seluruh aplikasi teknologi pembayaran digital, atau yang saat ini populer kita sebut sebagai e-Wallet.

Sebagaimana kamu ketahui, saat ini sudah banyak ragam e-Wallet yang ada di Indonesia. Dengan adanya e-Wallet, pembayaran secara cashless bisa dipermudah hanya dengan melakukan pemindaian (scan) QR code.

Sayangnya, tidak semua merchant menyediakan semua e-Wallet di tempatnya. Inilah yang dapat menyebabkan masyarakat kesulitan ketika ingin melakukan pembayaran cashless. Pasalnya, QR code satu e-Wallet berbeda dengan QR code e-Wallet lain.

Misalnya, Nina sedang berada di sebuah restoran. Ketika ia ingin melakukan pembayaran dengan e-Wallet “A”, ternyata restoran tersebut tidak menyediakannya. Di sisi lain, Nina tidak membawa uang tunai dengan nominal yang mencukupi.

Kalau sudah begitu, jadinya cukup ribet, bukan? Dengan adanya QRIS, kamu tidak perlu lagi memikirkan QR apa yang terpasang di restoran, cafe, pusat perbelanjaan, maupun tempat lain yang kamu kunjungi.

Alhasil, kamu tetap bisa melakukan pembayaran terlepas dari e-Wallet apa yang kamu gunakan. Kamu hanya perlu scan QR code QRIS, dan pembayaranmu pun akan diterima. 

Manfaat QRIS untuk Bisnis dan Konsumen

Setelah mengetahui apa itu QRIS, kepanjangan QRIS, dan alasan mengapa QRIS menjadi solusi terbaik untuk menjembatani adanya perbedaan e-Wallet di Indonesia, kini saatnya kita mengenal lebih banyak apa saja manfaat QRIS.

Manfaat QRIS tidak hanya bisa dirasakan oleh konsumen/customer saja. Pebisnis (merchant) yang menggunakan QRIS pun juga bisa merasakan manfaat dari adanya QR code terstandar ini.

Manfaat QRIS untuk Pebisnis

Manfaat ini adalah manfaat QRIS untuk para pelaku bisnis.

1. Pembayaran bisa menjadi lebih mudah dan praktis

Dengan adanya satu jenis QR code untuk melayani pembayaran cashless, konsumen/customer kamu tidak perlu bingung lagi mau pakai e-Wallet apa. 

Asal ada QRIS, mereka hanya perlu memindai QR code dari aplikasi e-Wallet apa pun yang mereka miliki. Tidak ada lagi satu QR code yang berlaku hanya untuk satu jenis e-Wallet!

2. Membuka potensi peningkatan penjualan

Selain membuat transaksi jadi lebih praktis, adanya QRIS bisa membuat bisnis kamu mengalami peningkatan penjualan, lho. Mengapa demikian?

Pasalnya, dengan cara pembayaran cashless yang rmudah dan bersifat universal, konsumen/customer dengan berbagai e-Wallet tak perlu takut tidak bisa membayar secara cashless. Selama e-Wallet terdaftar di BI, mereka bisa membayar dengan scan code QRIS.

3. Tidak perlu banyak menyediakan uang kembalian

Keuntungan lain dari QRIS adalah tidak perlu banyak menyiapkan kembalian. Jika bisnismu menerapkan pembayaran 100% melalui QRIS, maka kembalian pun tidak perlu disiapkan. 

Mengapa bisa begitu? Dengan menggunakan QRIS, dana yang diperlukan bisa langsung ditarik dari saldo e-Wallet sesuai dengan nominal yang diminta. 

4. Menghindari uang palsu

Karena QRIS adalah metode pembayaran cashless, risiko menerima uang palsu dari pembayaran jadi semakin berkurang. 

5. Uang untuk kebutuhan usaha dan kebutuhan personal bisa dipisahkan

Jika kamu menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran, secara tidak langsung kamu bisa memisahkan uang untuk kebutuhan usaha dan untuk kebutuhan pribadi. Dengan cara ini, kamu bisa menghindari kemungkinan dana usaha terpakai untuk kebutuhan pribadi.

6. Transaksi bisa tercatat dengan lebih baik

Dengan menggunakan sistem pembayaran QRIS, transaksi bisa terekam secara otomatis. Manfaatnya, kamu bisa melakukan pembukuan dengan lebih mudah dengan menerapkan QRIS sebagai metode pembayaran.

Secara tidak langsung, kamu juga bisa menekan biaya pengelolaan kas dan mencegah adanya tindak kecurangan yang umum terjadi pada sebuah pembukuan transaksi cash. Gimana, keren, kan?

Manfaat QRIS untuk Konsumen

Untuk konsumen/customer, manfaat QRIS adalah sebagai berikut:

1. Proses pembayaran dengan QR code lebih cepat dan mudah

Untuk melakukan pembayaran, kamu hanya perlu melakukan scan QR. Dengan hal ini, bisa dipastikan proses pembayaran jadi bisa lebih mudah dan cepat dilakukan. 

Satu hal yang penting: pastikan kamu membawa smartphone yang terhubung ke internet tiap kali ingin melakukan transaksi dengan menggunakan QRIS.

2. Tidak perlu lagi memikirkan QR apa yang terpasang

Mau pakai e-Wallet A, B, atau C, kamu tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada QRIS! Cukup gunakan aplikasi e-Walletmu untuk memindai QR code QRIS ketika melakukan pembayaran. 

Dengan QRIS, tidak perlu lagi menggunakan aplikasi yang sama dengan merchant jika ingin melakukan pembayaran secara cashless.

3. Tidak perlu lagi membawa uang tunai

Dompet ketinggalan bukan lagi menjadi sebuah masalah. Selama kamu membawa smartphone dan saldo e-Wallet-mu mencukupi, kamu tidak perlu lagi repot-repot menyiapkan uang tunai ketika berbelanja. 

Merchant tidak punya uang kembalian? Tenang, dengan metode pembayaran ini, kamu bisa melakukan pembayaran dengan nominal yang pas. 

4. Transaksimu aman

Tidak perlu ragu lagi ketika bertransaksi dengan QRIS. Pasalnya, PJSP yang menyediakan QRIS adalah PJSP yang sudah terdaftar di Bank Indonesia. Jadi, tidak perlu ragu lagi dengan keamanannya.

Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu QRIS, kepanjangan QRIS, serta berbagai manfaat QRIS baik untuk konsumen/customer maupun untuk merchant. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Bagaimana dengan DOKU? Apakah DOKU merupakan PJSP yang menyediakan QRIS di dalamnya? Jawabannya adalah, tentu saja!

DOKU, perusahaan teknologi pembayaran yang juga pionir payment gateway di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2007, DOKU sudah mengawal ratusan ribu transaksi sukses dari berbagai perusahaan besar hingga UMKM. Cukup sekali daftar, bisnis langsung terkoneksi ke beragam metode pembayaran. Terima pembayaran bisnis makin mudah dan pelanggan pun lebih nyaman bertransaksi. 

Pilih solusi pembayaran sesuai kebutuhan Anda, seperti:

  • Solusi Perusahaan: Apapun jenis bisnisnya, kelola pembayaran pelanggan jadi mudah pakai DOKU
  •  Solusi UMKM: Tidak Perlu Paham Teknis, Bisnis Bisa Go Digital

Pastikan untuk ubah setiap peluang menjadi uang! Gunakan DOKU sekarang!