8 Strategi Digital Marketing Untuk Bisnismu!

strategi digital marketing

Strategi digital marketing seperti apa yang cocok diaplikasikan untuk bisnismu? Simak daftar lengkapnya di sini!

Di era digital seperti saat ini pelanggan dan perusahaan sama-sama aktif di internet hampir setiap waktu. Kondisi ini tentunya bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan strategi digital marketing bisnismu. 

Dalam ulasan ini, kami akan memberikan panduan agar kamu bisa memilih strategi digital marketing yang tepat untuk bisnis yang dikelola. Apa saja pilihannya? 

Read More: Pemilik Perusahaan Disebut Apa Saja? Serba-Serbi Dunia Bisnis yang Harus Kamu Tahu

1. Buat Blog

strategi-digital-marketing

Ini adalah salah satu cara lawas untuk memasarkan bisnis secara digital. Meski terbilang lawas, cara ini masih manjur, lho. Tidak sedikit pemilik bisnis yang memprioritas langkah ini.

Melalui artikel yang ditulis dengan baik dan melalui riset mendalam, pelanggan potensial bisa tertarik untuk membuat keputusan pembelian. Tentunya, kamu tidak boleh sembarangan menulis dan mempublikasikan artikel. 

Ada aturan tertentu yang harus diikuti. Sebagai contoh, konten yang dipublikasikan harus sesuai atau terkait dengan produk yang dipasarkan. Ini bisa jadi media untuk menyematkan CTA (Call to Action) bagi audiens.

Selain itu, kamu juga perlu membuat blog yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah bagi pelanggan. Untuk itulah, kamu harus paham target audiens dan masalah yang mereka hadapi. Ketika blog kamu mampu menyediakan solusi bagi masalah mereka, maka secara tidak langsung ini menjadi leads untuk meningkatkan penjualan. 

2. Iklan Di Media Sosial

Jika membuat artikel dan mempublikasikan melalui blog disebut sebagai peranan organik untuk mendapat pelanggan, maka kamu juga bisa menempuh cara non organik. 

Salah satunya dengan iklan berbayar. Melalui iklan ini kamu bisa menyebarkan brand awareness dan meraih audiens yang tidak bisa dicapai melalui cara organik. 

Berbeda dengan era-era sebelumnya, kini pilihan iklan berbayar lebih bervariasi dan modern. Contohnya seperti iklan di media sosial (Facebook, Instagram, dan lain-lain), Google Ads, hingga endorse influencer. 

Membuat iklan tentunya berbeda dengan artikel. Jumlah kata lebih terbatas dan imaginary-nya tidak sama. Untuk membuat iklan yang efektif, kamu harus membuat perencanaan terlebih dahulu. 

Siapa audiens yang ditargetkan, platform untuk beriklan, hingga biaya yang dialokasikan. Saran saja, akan lebih baik jika memilih platform iklan yang kamu gunakan secara aktif. 

3. Tawarkan Produk Gratis

Strategi digital marketing lain yang tidak kalah populer adalah memberikan produk gratis kepada pelanggan. Ketika seseorang berkunjung ke blog atau meng-klik iklan, belum tentu keputusan pembelian diambil. 

Ada kalanya mereka masih butuh waktu untuk mempertimbangkan. Nah, kamu perlu menjaga komunikasi atau setidaknya terhubung dengan calon pelanggan potensial ini.

Caranya bisa melalui data yang diminta seperti e-mail, nomor telepon, atau data umum lain. Sebagai ganti dari pemberian data ini, kamu bisa menawarkan produk secara gratis.  Metode ini punya istilah keren yakni lead generation. 

Kamu dapat memanfaatkan marketplace, blog, atau media sosial untuk menawarkan produk gratis ini. Namun, cara terbaik adalah dengan membuat landing page menarik agar pelanggan bisa sekali klik saja. 

Landing page yang menarik harus terlihat sederhana, user friendly, dan hanya punya satu tombol untuk mengunduh atau mendapatkan produk gratis tadi. 

4. SEO 

Ketika membahas mengenai strategi marketing digital, maka SEO (Search Engine Optimization) tidak bisa ditinggalkan. Ini adalah salah satu elemen paling penting dalam strategi digital. 

Melalui SEO, kamu bisa mendapat pengunjung lebih banyak sehingga berpotensi meningkatkan penjualan. Kamu hanya perlu memastikan konten-konten yang dipublikasikan dalam blog berhasil menarik audiens dan mengonversi mereka jadi pelanggan. 

Jika kamu tidak menguasai SEO, solusinya adalah dengan menggunakan jasa pihak ketiga. Kamu juga dapat meminta pihak lain untuk mengelola blog agar terlihat lebih menarik, profesional, dan SEO sentris. 

5. Adakan Giveaway

Dalam strategi digital marketing, penting untuk menyebarkan brand awareness secara masif. Salah satu cara yang bisa kamu tempuh adalah dengan mengadakan giveaway. 

Sama halnya dengan menawarkan produk gratis, banyak orang tertarik pada suatu brand yang membuat giveaway. 

Dengan langkah ini, kamu bisa mendapat ratusan hingga ribuan data pelanggan sekaligus leads baru yang potensial. Bonusnya, jumlah pengikut di media sosial juga pasti bertambah. 

Pada dasarnya hampir semua sektor industri bisa menerapkan cara ini. Namun, efektivitasnya jelas berbeda. Apakah harus produk berupa barang yang diberikan secara percuma? 

Tentu saja tidak. Dalam giveaway tidak ada batasan jenis dan bentuk produk. Kamu bisa memberikan barang atau jasa sekalipun kepada pelanggan.

6. Buat Webinar

Di era digital seperti sekarang, semakin banyak cara yang bisa ditempuh untuk memperluas jaringan pemasaran. Salah satunya adalah webinar. Aktivitas ini semakin populer sejak pandemi Covid-19 lalu. 

Pembatasan pertemuan tatap muka tidak menghalangi brand untuk berkomunikasi dengan audiensnya. 

Lalu industri apa yang lebih cocok menggunakan webinar sebagai strategi digital? 

Perusahaan B2B secara khusus sangat cocok dengan cara ini. Namun, kamu yang memiliki usaha di luar B2B juga bisa mencobanya. 

Melalui webinar ini, kamu bisa menunjuk satu perwakilan dari brand untuk memberikan edukasi tentang produk dan layanan. Nantinya, audiens bisa bertanya jawab secara langsung dengan perwakilan tersebut. 

Langkah ini sangat bagus untuk membuat audiens tertarik karena mendengar secara langsung tentang apa yang ditawarkan oleh brand

Jika kamu memilih untuk mengadakan webinar secara rutin, ada baiknya mempublikasikan jadwal. Jadwal webinar ini bisa kamu bagikan melalui media sosial atau blog agar audiens mendapat informasi yang jelas. 

7. Audio Marketing

Beberapa tahun belakangan ini, audio marketing jadi cukup populer. Ada beberapa platform yang sering digunakan seperti Clubhouse dan juga Spaces di Twitter. 

Nah, untuk bisnis sendiri kamu juga bisa menerapkan cara yang sama. Bedanya adalah platform yang digunakan. 

Apa tidak boleh menggunakan Clubhouse atau Spaces di Twitter? Tentu saja tidak ada larangan. 

Namun, alangkah baiknya jika kamu menggunakan platform yang bisa menyimpan audio marketing tersebut dan audiens bisa mengakses kapan saja. Solusinya adalah memanfaatkan podcast. Ide yang sama tetapi beda platform. 

Melalui podcast ini, kamu bisa mengedukasi audiens sekaligus berinteraksi dengan mereka. Audiens juga hanya butuh perangkat untuk memainkan audio yang kamu buat. 

Untuk membuat podcast, kamu perlu membuat rencana terlebih dahulu. Meskipun vibes yang ingin diangkat adalah spontanitas, kamu tetap harus membuat rencana. Rencana ini termasuk konten podcast dan juga jadwal publikasi. 

8. E-mail Marketing

Strategi digital marketing lain yang cukup lama digunakan dan masih menjadi pilihan adalah email marketing. Melalui strategi ini, kamu mendapat kesempatan luas untuk mengeksplor calon pelanggan potensial. 

Kenapa? Alasannya sederhana saja. Audiens yang bersedia memberikan info berupa alamat email tentunya punya ketertarikan khusus dengan produk atau brand kamu kan? 

Ini artinya, mereka adalah jajaran calon pelanggan potensial. Kamu tinggal mengirimi email secara berkala yang berisi tawaran menarik sesuai dengan kebutuhan. 

Kamu bisa tahu mana produk yang membuat mereka tertarik dengan melihat riwayat produk atau halaman yang dikunjungi. Tawaran diskon atau produk baru yang sejenis tentunya bisa jadi pancingan yang jitu. 

Delapan strategi marketing di atas tentunya punya tujuan atau hasil yang berbeda-beda. Kamu bisa memilih dan menerapkan strategi mana saja sesuai kebutuhan. Untuk melengkapi strategi digital marketing di atas. Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!