Peluang Usaha Rental Mobil, Proyeksi Keuntungan dan Tips Memulainya

usaha rental mobil

Tertarik memulai usaha rental mobil? Agar keuntungan yang kamu dapat tinggi dan stabil, analisis dulu peluang dan proyeksi keuntungannya.

Menjalani usaha rental mobil punya potensi menghasilkan keuntungan yang stabil karena permintaannya terbilang tinggi dan datang dari berbagai kalangan. Mulai dari wisatawan, perusahaan, hingga perseorangan yang membutuhkan mobil untuk keperluan pribadi.

Namun, seperti bisnis lainnya, ada risiko yang harus dihadapi dalam menjalankan bisnis ini. Untuk itu, kamu perlu memahami proyeksi keuntungan yang realistis, serta sedikit tips untuk memulainya.

Read More: Serba-Serbi Sistem Bagi Hasil Usaha Kecil: Pengertian dan Penerapan

Menilik Peluang Usaha Rental Mobil

Dari kebutuhan rekreasi hingga bisnis, usaha penyewaan mobil tidak pernah sepi peminat. Sebaliknya, ada momen-momen tertentu yang membuat permintaan justru melonjak. Selain karena alasan praktis, menyewa mobil memang terasa lebih aman dan nyaman daripada menggunakan transportasi umum, apalagi untuk perjalanan jarak jauh atau luar kota.

Sebagai pertimbangan, berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu dapat bila menjalankan bisnis sewa mobil:

1. Bisa tanpa modal

Harga mobil tidak bisa dibilang murah, tetapi bukan berarti ini menjadi penghalang untuk kamu memulai usaha penyewaan mobil. Caranya adalah dengan memanfaatkan mobil pribadi.

Namun, bila tidak memiliki mobil pribadi, kamu bisa mengajak kerabat atau teman untuk menjalankan bisnis sewa mobil bersama-sama dan menggunakan mobil milik mereka sebagai mobil rentalnya.

2. Target pasar luas

Kamu bisa menyewakan mobil untuk siapa saja, baik pelanggan di kota tempat tinggalmu maupun untuk wisatawan yang datang ke sana. Penggunanya juga tidak terbatas pada individu, tetapi juga menjangkau rombongan dan perusahaan-perusahaan. 

3. Mudah dikelola

Usaha rental mobil termasuk salah satu bisnis yang mudah dikelola. Kamu juga bisa menjalaninya dari rumah saja. Dengan kemajuan teknologi, berbagai potensi risiko yang mungkin muncul juga bisa diminimalisasi dengan baik.

Proyeksi Keuntungan Usaha Rental Mobil

Bisnis penyewaan kendaraan, khususnya mobil, dapat menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan. Namun, sebelum memutuskan untuk terjun ke dalam bisnis ini, ada baiknya untuk memahami proyeksi keuntungan yang mungkin bisa didapat. Berikut contoh perhitungan proyeksi keuntungan bisnis mobil rental:

1. Modal Awal

Modal awal yang diperlukan untuk memulai bisnis sewa mobil tergantung pada jumlah kendaraan yang akan dibeli. Misalnya, jika akan membeli 5 mobil dengan harga per unit sebesar Rp150 juta, maka modal awal yang dibutuhkan adalah sebesar Rp750 juta.

2. Biaya Operasional

Biaya operasional yang perlu dikeluarkan dalam bisnis penyewaan mobil meliputi biaya bahan bakar, perawatan kendaraan, biaya asuransi, gaji karyawan, dan lain sebagainya. Jika total biaya operasional per bulan sebesar Rp50 juta, maka dalam setahun biaya operasional sebesar Rp600 juta.

3. Pendapatan

Pendapatan yang dihasilkan dari bisnis rental mobil tergantung pada harga sewa per hari dan jumlah kendaraan yang disewakan. Misalnya:

  • Jika harga sewa per hari sebesar Rp500 ribu;
  • dan jumlah kendaraan yang disewakan sebanyak 5 unit

Maka, total pendapatan dalam sehari sebesar Rp2,5 juta. Dalam sebulan, pendapatan sebesar Rp75 juta. Dalam setahun, pendapatan sebesar Rp900 juta.

4. Keuntungan

Untuk menghitung keuntungan, cukup kurangi total pendapatan dengan biaya operasional. Dalam contoh di atas, keuntungan sebelum pajak dalam setahun adalah sebesar Rp300 juta (Rp25 juta per bulan).

Perlu diingat, perhitungan di atas hanya merupakan proyeksi dan tidak menjamin keuntungan yang pasti. Keuntungan yang bakal kamu dapat sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti persaingan, kondisi pasar, dan faktor internal perusahaan seperti manajemen yang baik serta kualitas kendaraan.

Tips Memulai Usaha Rental Mobil

Berikut adalah beberapa poin penting yang harus kamu pertimbangkan ketika ingin memulai bisnis penyewaan mobil:

1. Menentukan target pasar yang jelas

Sebelum memulai usaha rental mobil, tentukan terlebih dahulu target pasar kamu. Apakah kamu ingin fokus pada pelanggan perorangan atau perusahaan? Apakah kamu ingin menargetkan wisatawan atau penduduk lokal? Menentukan target pasar yang jelas akan membantu kamu mengembangkan strategi pemasaran yang tepat.

2. Menyediakan armada mobil yang bervariasi

Pelanggan rental mobil memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, oleh karena itu, penting untuk menyediakan armada mobil yang variatif. Selain mobil ekonomi, pertimbangkan pula untuk menyediakan mobil tipe MPV atau SUV untuk pelanggan yang membutuhkan kendaraan yang lebih besar. Selain itu, pastikan untuk memilih mobil yang terawat dengan baik dan aman untuk digunakan.

3. Menyediakan layanan tambahan

Untuk membedakan bisnismu dari pesaing, kamu bisa menyediakan layanan tambahan seperti paket plus sopir atau panduan wisata. Terkadang, ada pula yang membutuhkan perlengkapan tambahan seperti GPS atau kursi bayi, jadi pertimbangkan untuk memiliki opsi tersebut.

4. Memiliki sistem reservasi dan penyewaan yang mudah

Sistem reservasi dan penyewaan yang mudah serta dapat diakses secara online bisa jadi strategi yang jitu. Ya, calon pelanggan harus dapat dengan mudah melihat armada mobil yang tersedia beserta harganya, serta melakukan reservasi dan pembayaran dengan mudah.

5. Memiliki asuransi yang memadai

Menyediakan asuransi yang memadai pada setiap kendaraan adalah wajib dalam bisnis rental mobil. Pastikan bahwa semua kendaraan yang ada memiliki asuransi yang memadai dan informasi mengenai ketentuan klaim dapat diakses oleh pelanggan.

6. Menjaga hubungan dengan pelanggan

Memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan dapat membantu kamu memperoleh referensi dan ulasan yang positif. Selain bersikap ramah dan membantu selama interaksi dengan pelanggan, pastikan kamu mampu memperbaiki masalah pelanggan dengan cepat dan efektif.

7. Memiliki strategi pemasaran yang efektif

Agar bisnis rental mobil kamu berkembang, penting untuk memiliki strategi pemasaran yang efektif, baik secara offline maupun online. Penyebaran brosur, word of mouth, spanduk, banner, iklan koran, kartu nama, dan stiker adalah beberapa contoh pemasaran offline.

Sementara itu, pemasaran online dapat dilakukan melalui media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, hingga TikTok), iklan online (Instagram ads, Facebook ads, atau Google ads), atau melalui situs web dengan optimasi SEO (search engine optimization).

8. Menerapkan sistem pembukuan yang benar

Dengan cara ini, kamu bisa mengawasi perkembangan bisnis dengan lebih mudah. Bila perlu, lakukan evaluasi pembukuan dan keuangan secara berkala.

9. Merawat kendaraan secara rutin

Kamu wajib memastikan armada yang disewakan dalam keadaan prima, baik keadaan fisik atau performanya. Oleh karena itu, lakukan perawatan mobil secara rutin untuk menghindari berbagai masalah serta kerusakan yang mungkin muncul. 

Kesimpulan

Usaha rental mobil bisa menghasilkan keuntungan yang stabil dan menjanjikan. Namun, kamu perlu melakukan berbagai persiapan matang termasuk menyiapkan modal uang dan armada, melakukan perawatan kendaraan secara berkala, menerapkan strategi pemasaran yang tepat, serta menyediakan sistem reservasi dan pembayaran yang mudah bagi pelanggan.

Ingin menjangkau lebih banyak calon pelanggan dan meningkatkan omzet bisnis? Bergabung dengan Juragan DOKU adalah solusi efektif.

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!