Apa Itu Digital Marketing? Ini Pentingnya Bagi Bisnis

digital marketing adalah

Digital marketing adalah salah satu istilah yang mungkin sudah tidak lagi asing di telingamu. Apa saja contoh dan jenis-jenis digital marketing yang bisa kamu temukan? Mengapa cara ini sangat penting dalam membantu pengembangan bisnismu? Kita akan membahasnya secara tuntas dalam artikel ini!

Di tengah semakin tingginya tingkat penetrasi internet dan naiknya angka pengguna smartphone, digital marketing jadi salah satu strategi pemasaran penting yang diterapkan di berbagai sektor industri.

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah promosi yang dilakukan oleh sebuah brand atau perusahaan dengan cara menghubungkan diri ke pelanggan potensial mereka lewat media internet atau komunikasi digital lainnya. Digital marketing tidak terbatas pada interaksi lewat internet seperti email, media sosial dan iklan berbasis web. Promosi lewat pesan teks dan multimedia juga termasuk ke dalam digital marketing. Digital marketing disebut juga dengan pemasaran digital atau pemasaran online.

Bisa disimpulkan bahwa semua jenis promosi dan kampanye yang melibatkan komunikasi secara digital, maka itu termasuk ke dalam jenis digital marketing. Jika dengan pemasaran konvensional kamu bisa menjangkau target pasar yang lebih luas, maka dengan digital marketing kamu bisa merancang pemasaran untuk audiens yang spesifik. Dengan begitu, hasil yang diharapkan bisa lebih optimal.

Jenis-jenis Digital Marketing

Ada banyak jenis digital marketing yang digunakan oleh bisnis di berbagai sektor di seluruh dunia saat ini. Simak beberapa contoh jenis-jenis digital marketing berikut ini!

Content Marketing

Saat ini, konsumen giat mencari informasi atau cara untuk menyelesaikan masalah serta memenuhi kebutuhan mereka. Jika brand kamu menyediakan konten yang berkualitas tinggi dan bisa memenuhi kebutuhan serta rasa ingin tahu mereka, ini tentu akan memberikan kepercayaan yang tinggi kepadamu. Hal inilah yang jadi tujuan utama dalam content marketing.

Metode ini dilakukan dengan cara menawarkan jawaban kepada audiens atas pertanyaan mereka dengan memberikan konten yang bermanfaat. Konten ini bisa diterbitkan lewat postingan blog, media sosial, email atau bahkan saluran lain seperti SMS.

Setiap saluran mungkin memerlukan format yang berbeda. Tujuan pemasaran juga bisa dicapai dengan menggunakan berbagai jenis konten mulai dari postingan blog, video, e-book, infografis dan lain sebagainya.

SEO (Search Engine Optimization)

Ketika kamu mulai meluncurkan bisnismu, kamu tentu ingin agar audiens lebih mudah menemukanmu. Degan SEO atau Search Engine Optimization, kamu bisa membuat kontenmu berada di peringkat atas pencarian. Pada akhirnya, ini akan mengarahkan pengunjung ke situsmu karena kata kunci yang mereka gunakan untuk menemukan layanan atau produk yang kamu tawarkan.

Untuk mengaplikasikan SEO, kamu harus tahu dengan baik kata kunci apa yang digunakan oleh audiens agar mereka bisa menemukan situs bisnismu. Kembangkan konten-konten dengan kata kunci tersebut agar mereka lebih mudah menemukanmu lewat halaman pencarian Google.

SMM (Social Media Marketing)

Seperti namanya, SMM atau Social Media Marketing merupakan metode promosi yang dilakukan dengan menggunakan platform media sosial. Lewat media sosial, kamu bisa mempromosikan merek, produk atau konten milikmu. 

Dengan SMM, kamu bisa mempublikasikan kontenmu di media sosial atau membuat iklan berbayar untuk menjangkau publik tertentu. Agar hasilnya optimal, kamu perlu memilih media sosial mana yang paling cocok dengan image bisnis atau buyer persona-mu.

Beberapa keuntungan dari Social Media Marketing adalah kemungkinan untuk lebih dekat dengan audiensmu dan berinteraksi. Lewat SMM, kamu bisa mendapatkan validasi publik ketika membagikan kontenmu. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan media sosial sebagai saluran komunikasi langsung dengan audiensmu. Itulah sebabnya kenapa sangat penting untuk selalu memperbarui dan memantau akun media sosial bisnismu.

Iklan Berbayar

Di internet, kamu bisa menemukan banyak cara untuk memasang iklan berbayar. Kamu bisa membuat iklan berbayar di media sosial. Bisa juga lewat mesin pencari. Iklan berbayar yang dibuat untuk Google biasanya akan muncul di bagian atas hasil pencarian sebelum hasil organik. Biasanya ada tanda “Ad” di bagian paling kiri untuk menarik perhatian pengguna.

Selain beberapa contoh di atas, masih banyak jenis-jenis digital marketing yang bisa kamu gunakan. Kamu hanya tinggal memilih mana yang paling sesuai dengan jenis bisnismu.

Mengapa Digital Marketing Penting dalam Bisnis?

Digital marketing adalah salah satu cara pemasaran yang patut dipertimbangkan karena berbagai manfaatnya. Ada beberapa alasan kenapa kamu perlu menerapkannya dan kenapa digital marketing memiliki peran yang penting dalam bisnismu!

Menjangkau Pasar Global

Pemasaran tradisional membuat batas geografis jadi halangan. Untuk bisa mempromosikan produkmu ke luar negeri, kamu perlu biaya yang tidak sedikit dan caranya juga terbilang sulit. Tapi lewat pemasaran digital di internet, jangkauan pasarmu jadi sangat luas. Bahkan bisnis kecil yang berbasis di kota kecil pun juga bisa menjangkau audiens internasional dengan menggunakan digital marketing lewat pembuatan toko online.

Aksesibilitas online ini membuka banyak peluang pertumbuhan bagi bisnis di berbagai belahan dunia. Perpaduan antara jangkauan dengan visibilitas global ini adalah peluang besar untuk bisnis apa pun.

Menjangkau Pasar Lokal yang Lebih Tertarget

Selain dari jangkauan global yang semakin signifikan, digital marketing juga bisa meningkatkan visibilitas lokal. Ini sangat penting bagi bisnis yang bergantung pada pelanggan terdekat yang sifatnya lokal. SEO lokal dan iklan yang tertarget bisa bermanfaat bagi perusahaan yang ingin mendatangkan lebih banyak pelanggan. 

Dengan pemasaran digital, jangkauan yang bisa kamu dapatkan ke orang-orang di sekelilingmu akan jauh lebih besar ketimbang dengan mencetak selebaran dan membagikannya ke mana-mana.

Biaya Promosi yang Lebih Murah

Promosi adalah hal yang penting dalam bisnis. Namun, banyak perusahaan yang tidak melakukannya secara optimal karena keterbatasan dana. Lewat digital marketing, kamu bisa memperluas jangkauan bisnis baik secara lokal maupun internasional dengan biaya yang sangat terjangkau dan fleksibel.

Digital marketing bahkan memungkinkan perusahaan kecil untuk bersaing dengan perusahaan besar lewat promosi tertarget. Sebagian besar strategi digital marketing bahkan tidak butuh biaya sama sekali seperti SEO atau Social Media Marketing.

Tapi perlu diingat bahwa tidak semua bisnis cocok menggunakan semua bentuk pemasaran digital. Beberapa bisnis mungkin membutuhkan biaya digital marketing yang lebih besar daripada bisnis lain. Hal terpenting adalah menemukan solusi tepat berdasarkan tujuan pemasaran yang ingin dicapai.

Read more: 8 Strategi Digital Marketing Untuk Bisnismu!

Bisa Menargetkan Audiens dengan Lebih Efektif

Meskipun kamu belum punya gagasan yang jelas tentang siapa yang paling cocok jadi target audiensmu, pemasaran digital memungkinkanmu untuk mengekstrak data dan melihat audiens mana yang paling cocok dengan produkmu dan bagaimana kamu bisa mengoptimalkan kampanye dengan menargetkan mereka. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan SEO atau iklan berbayar di media sosial. Digital marketing adalah sebuah keharusan di tengah teknologi digital yang terus berkembang. Namun, di zaman yang serba cepat, strategi digital marketing saja tentu tidak cukup untuk mempercepat pertumbuhan bisnis.  

Ayo bergabung dengan Juragan DOKU, sahabat berjualan persembahan DOKU yang bisa mendukung aktivitas jualan online kamu dengan fitur pembayaran digital dan edukasi pelatihan online bisnis gratis!

Setelah bergabung, kamu bisa menikmati fitur pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, e-Katalog yang bisa buat toko online secara mandiri, QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode QR dan yang gak boleh dilewatkan, pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal!

Cara bergabungnya mudah, bisa melalui Aplikasi Juragan DOKU yang bisa kamu download via smartphonemu, atau kamu juga bisa mendaftar melalui website di sini

Terima pembayaran lancar, Usaha makin gencar, Gabung jadi Juragan DOKU, Sekarang!